Melalui Budikdamber, KKN Undip Ajarkan Strategi Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Batang (2/08/2020), Mahasiswa KKN Tim II Undip tahun 2020 melakukan sosialisasi mengenai kegiatan budidayakan ikan dalam ember (Budikdamber) kepada warga RT 05 RW 02 Desa Botolambat, Kec. Kandeman, Kab. Batang.

Pandemi Covid-19 tidak hanya menyebabkan krisis kesehatan global, tapi juga menyeret ke bidang lainnya, terutama sosial dan ekonomi. Masyarakat umumnya mungkin banyak yang terfokus pada aspek kesehatan hingga terlupa ada aspek lain yang juga sangat penting untuk diperhatikan saat ini, yaitu aspek kebutuhan pangan. Pada akhirnya, pandemi ini tidak hanya mengancam keselamatan, kesehatan masyarakat, tapi juga meneror sektor pangan, dimulai dari produksi, distribusi, hingga konsumsi.

Hal ini dirasakan dampaknya oleh kehidupan masyarakat tak terkecuali masyarakat di Desa Botolambat. Kondisi perekonomian masyarakat mengalami penurunan yang cukup signifikan. Kebijakan pemerintah yang membatasi aktifitas diluar rumah, sedangkan masyarakat banyak yang bekerja diluar rumah seperti di pertanian dan di pasar. Hal ini menyebabkan pendapatan masyarakat menurun dan berdampak pada pemenuhan gizi keluarga. Oleh karena itu perlu adanya sosuli dari permasalahan ini guna kembali meningkatkan pendapatan masyarakat dan pemenuhan gizi keluarga.

Atas dasar itulah mahasiswa KKN Undip melaksanakan kegiatan sosialisasi bagaimana cara membudidayakan ikan dalam ember (Budikdamber) sebagai salah satu solusinya. Budikdamber ini banyak memberikan keuntungan antara lain bisa mendapatkan ikan sekaligus dapat memanen sayur kangkung.

Whats-App-Image-2020-08-02-at-08-40-21Kegiatan sosialisasi kepada warga RT 05 RW 02 Desa Botolambat

Kegiatan ini dimulai dengan pengenalan Budikdamber, tanaman dan ikan yang cocok digunakan untuk Budikdamber, Cara pembuatan Budikdamber dan bagaimana pemasaran yang tepat digunakan untuk hasil panennya nanti.

Kegiatan Budikdamber ini diharapkan nantinya dapat menjadi solusi guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan pemenuhan gizi keluarga di masa pandemi.

Oleh    : Rovika Vidiayanti-Fakultas Ekonomika dan Bisnis-Manajemen)

Editor  : Ragil Saputra, S.Si, M.Cs (Dosen KKN)