EDUKASI DAN COVID-19

Bekasi, 01/08/2020. COVID-19 seolah menjadi musuh bersama manusia saat ini. Virus ini seolah tidak berhenti menyerang manusia kapan-pun dan dimana-pun. Hal ini didukung dengan terus meningkat nya jumlah penderita COVID-19 sebagai indikasi bahwa potensi penularan cukup tinggi dan masih berlangsung.

Pemerintah sudah menegakkan aturan dalam menghadapi kondisi saat ini melalui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Aturan ini merupakan sikap pemerintah dalam menghadapi permasalahan utama saat pandemi ini berlangsung, yaitu kesehatan dan ekonomi. Namun, nyata nya masyarakat kurang mengindahkan protokol kesehatan bahkan menolak penerapan protokol kesehatan dalam berbagai sektor.

Saat ini masyarakat enggan mematuhi protokol kesehatan karena terlalu banyak informasi yang beredar sehingga menjadi simpang siur kebenaran nya. Mahasiswa perlu turun untuk membantu meluruskan informasi yang beredar melalui sosialisasi dengan cara penyampaian yang sederhana dan mudah dimengerti sehingga masyarakat mendapat edukasi yang baik dan benar.

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP, Teuku Reyhan Naufal melakukan gerakan lawan COVID-19 dengan sosialisasi modul aktivitas masa pandemi di beberapa titik lingkungan RT/RW 017/02 Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Bekasi.

Buku Pedoman Aktivitas “New Normal”
Sumber : Galeri Penulis
Sosialiasi Door to Door
Sumber : Galeri Penulis

Kegiatan ini diapresiasi dan didukung oleh Ketua RT 017 dan Ketua RW 02 Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat karna membantu satgas COVID-19 untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan bahaya COVID-19 dan bagaimana cara menghadapi nya di masa PSBB saat ini. Harapan nya dengan turun nya mahasiswa ke wilayah kecil seperti ini dapat terus menjadi program berkelanjutan mengingat mahasiswa mampu menyampaikan informasi dengan ringkas dan mudah dimengerti.

Penulis : Teuku Reyhan Naufal (Teknik Industri – 21070117140062)

Dosen KKN : Ir. Kustopo Budiraharjo, MP