Demi Kesuksesan Sebuah Usaha, Mahasiswa Undip Berikan Solusi Untuk Kembangkan Usaha Produktif di Tengah Pandemi Covid 19

Cilacap (16/07/2020) – Seperti yang kita ketahui, pandemi covid 19 di Indonesia sudah dirasakan hampir 5 bulan terakhir. Virus covid 19 ini bahkan sudah merebak hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini membawa dampak besar bagi segala aspek, tentu nya yang paling utama adalah dari sisi kesehatan itu sendiri. Namun, aspek lain yang cukup terdampak karena adanya pandemic covid 19 ini adalah aspek ekonomi, baik dalam lingkup makro maupun mikro. Selama satu dekade terakhir, Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM telah menjadi penopang perekonomian tanah air. Di tengah pandemi covid 19 ini, memang tidak hanya usaha kecil saja yang terdampak tetapi juga usaha besar. Tetapi hal ini bukan menjadi halangan bagi para pegiat UMKM di Indonesia untuk terus berjuang di tengah situasi yang serba tidak pasti ini.

Dampak ini juga dirasakan oleh sejumlah pemilik UMKM di Kabupaten Cilacap tepatnya di Kelurahan Tambakreja, Cilacap Selatan. Beberapa pemilik UMKM, dua diantara nya yaitu pemilik usaha Kue Gabus dan Keripik Singkong Rasa Gadung mengungkapkan bahwa memang pandemi covid 19 ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap produk yang mereka jual, seperti turunnya permintaan akan produk tersebut baik permintaan dari dalam kota maupun luar kota. Terlebih lagi, saat ini banyak orang memilih untuk tidak keluar rumah karena mencegah terjadinya penularan virus covid 19 ini.

Karena tuntutan untuk tetap bisa bertahan di tengah kondisi seperti ini, para pelaku usaha perlu memperbarui cara dan strategi nya dalam mencapai keberhasilan usaha. Salah satu solusi yang diberikan untuk mengembangkan usaha yaitu dengan memperluas cakupan pasar nya. Memperluas pangsa pasar bisa dikatakan memperbesar usaha. Hal ini dikarenakan jika pangsa pasar meningkat, maka tentu permintaan akan meningkat, kemudian jumlah produk yang dihasilkan juga meningkat. Perluasan pasar bagi para pelaku usaha saat ini sekiranya dimudahkan dengan adanya teknologi. Dengan memanfaatkan teknologi, pelaku usaha tetap dapat menawarkan hasil produk nya tanpa harus kontak secara langsung dengan konsumen dalam masa pandemic covid 19.

Pemberian poster dan edukasi kepada pelaku usaha mengenai materi terkait
Produk makanan berupa Kue Gabus Special “Kurnia Sari”

Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan para pelaku usaha dalam memperluas cakupan pasar nya :

1. Menambahkan produk dan layanan baru
Cara yang dapat dilakukan adalah dengan meriset pasar terlebih dahulu, dengan mencari tahu bagaimana produk dan layanan yang pelanggan inginkan, serta berapa banyak yang bersedia untuk membayar.

2. Meningkatkan jumlah produk
Tentunya peningkatan jumlah produk ini tidak semata-mata menambah jumlah produk yang sudah ada kepada pelanggan, tetapi harus diiringi juga dengan strategi pemasaran yang baik.

3. Melebarkan pasar ke daerah baru
Pelanggan baru bisa didapat tidak hanya dari daerah sekitar saja tetapi juga mungkin dari luar daerah, dan tentunya membutuhkan riset lapangan juga agar produk diterima oleh pelanggan di tempat baru.

4. Mencoba system penjualan baru
Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, para pelaku usaha dituntut untuk memasuki dunia usaha baru yaitu dengan strategi pemasaran online. Tidak sedikit usaha kecil yang merambah menjadi usaha yang besar karena bantuan teknologi.

Beberapa pelaku usaha di lingkup Kelurahan Tambakreja, Cilacap Selatan memang sudah mulai memanfaatkan teknologi dalam pemasaran nya, namun masih ada juga pelaku usaha yang belum mampu menggunakannya dikarenakan beberapa keterbatasan. Beberapa mengungkapkan bahwa memang dengan adanya teknologi seperti pemasaran online, cukup membantu mereka dalam mengembangkan usaha nya.

Nah, memang tidak mudah dan tidak secepat itu untuk dapat memperluas pasar, tetapi sebagai pelaku usaha harus mampu membidik peluang yang ada agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Selain itu, diperlukan juga strategi pemasaran yang baik dan terstruktur, yang tentunya berkaitan dengan hasil yang didapat nanti nya serta dapat meningkatkan motivasi para pelaku usaha untuk terus berinovasi dalam menciptakan produk-produk yang baru.

Oleh : Syadilla Dharayu Marista, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro
Editor: Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum.