Berikan Solusi Guna Meningkatkan Pendapatan Masyarakat, Mahasiswa KKN UNDIP 2020 Lakukan Ini!
BANYUURIP, PURWOREJO (02/08) – Perkembangan dunia digital khususnya dibidang teknologi informasi berkembang sangat pesat dan mempengaruhi berbagai bidang bisnis, salah satu yang terdampak yaitu dunia pemasaran. Metode komunikasi pemasaran yang awalnya bersifat tradisional dan konvensional, sekarang ini telah bertransformasi ke dalam dunia digital.
Digital marketing hadir untuk menjadikan metode pemasaran lebih efektif dan efisien dikalangan masyarakat. Terdiri dari pemasaran interaktif dan terpadu memudahkan interaksi antara produsen, perantara pasar dan calon pembeli. Serta pelaku usaha dapat dengan mudah memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumen, di sisi lain calon konsumen juga bisa mencari dan mendapatkan informasi produk hanya dengan berselancar di dunia maya.
Masyarkat Desa Candingasinan memang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Di sisi lain, tidak sedikit pula yang bermata pencaharian sebagai pedagang atau pelaku usaha. Namun, dalam pemasaran produknya mereka hanya mengandalkan metode mulut ke mulut atau World Of Mouth dan di pasarkan ke lingkungan sekitar saja. Sehingga pendapatannya pun belum maksimal. Melalui pemanfaatan Digital Marketing pelaku usaha dapat mencakup pasar lebih luas dan dapat meningkatkan pendapatannya. Akan tetapi masih kurangnya penguasaan ilmu digital marketing yang seharusnya dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha sebagai sarana untuk menarik minat konsumen.
Melihat permasalahan tersebut Mahasiswa KKN UNDIP melakukan kegiatan Penyuluhan Edukasi Tentang Strategi Pemasaran Produk Melalui Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Inovasi Meningkatkan Penjualan Produk Di Masyarakat. Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu cara untuk menambah kemampuan dan pengetahuan pelaku usaha mengenai digital marketing untuk memasarkan produk barang/jasa ke pasar yang lebih luas sehingga penjualan bisa meningkat dan dapat meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya melalui digital marketing. Serta meningkatkan pendapatannya, apalagi saat ini masyarakat luas masih menghadapi dampak pandemi yang mengakibatkan penurunan pendapatan di masyarakat Indonesia tidak terkecuali masyarakat Desa Candingasinan. Program ini juga dapat membantu mengembangkan proses pemasaran BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) kelak yang akan di dijalankan dan dikelola pada tahun 2021/2022 di Desa Candingasinan.
Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan penyuluhan edukasi dan sosialisasi mengenai pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan usaha oleh para pelaku usaha. Tujuannya untuk memberikan wawasan baru kepada pelaku usaha di Desa Candingasinan. Penyuluhan ini disampaikan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab kepada para pelaku usaha. Serta pemberian leaflet yang berisi beberapa paltform yang dapat digunakan untuk menunjang perluasan pasar melalui digital marketing.
Program ini dilakukan secara door to door kepada para pelaku usaha yang sudah dilaksanakan sejak pada hari Sabtu (1/08). Selain itu, untuk jangka panjangnya pelaku usaha juga didampingi dalam membuat akun dan mengelolanya di salah satu platform media yang telah disampaikan oleh mahasiswa. Dengan demikian proses pemasaran akan lebih efektif dan efisien bagi pelaku usaha dan calon pembeli, serta akan dapat mencakup pasar yang lebih luas lagi.
Penulis : Nur Latifah
Editor : Abdi Sukmono