Pendapatan Menurun karena Covid-19, Mahasiswa UNDIP Ajarkan Masyarakat Berbisnis dengan Instagram

Boja, Kendal (02/08/2020) – Pada era globalisasi seperti sekarang ini, masyarakat dituntut untuk dapat menguasai teknologi agar tetap dapat mengikuti perkembangan zaman. Salah satu pemanfaatan teknologi yang semakin pesat tidak hanya digunakan sebagai sarana bertukar informasi tetapi juga mulai digunakan untuk kepentingan bisnis. Melalui pemasaran dengan media online, pelaku usaha dapat lebih mudah memasarkan produknya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas. Kemudian, akibat adanya pandemi COVID-19 yang menjangkit Indonesia sejak awal tahun 2020, perekonomian masyarakat khususnya usaha kecil tentunya terdampak dalam segi penjualan. Ditambah dengan himbauan untuk physical distancing, membuat masyarakat lebih sering melakukan pembelian secara online. Salah satu media pemasaran online yang mudah digunakan dan terbukti efektif adalah dengan menggunakan media sosial Instagram.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UNDIP di Desa Campurejo Kec. Boja Kab. Kendal, salah satu permasalahan yang sedang terjadi pada saat ini khususnya bagi ibu-ibu yang memiliki usaha yang ada di Desa Campurejo adalah belum mengetahui strategi-strategi dalam hal pemasaran produk secara online, khususnya dengan menggunakan Instagram yang cenderung mudah untuk digunakan.

Kegiatan ini dilakukan secara Door to Door atau mendatangi rumah-rumah dari masyarakat yang memiliki usaha. Materi yang disampaikan pada modul yang disediakan di program ini adalah mulai dari alasan mengapa harus menggunakan media sosial untuk memasarkan produk, bagaimana cara memaksimalkan fitur instagram bisnis, contoh dari feed instagram yang baik, hingga menganalisis calon customer menggunakan fitur analytics di Instagram.

Harapannya setelah masyarakat mengikuti kegiatan yang diadakan mahasiswa KKN ini, akan mempunyai keinginan dan kemauan untuk berjualan baik makanan, membuat kerajinan ataupun berjualan lainnya dan dipasarkan secara online dengan memanfaatkan media sosial yang dimiliki, khususnya Instagram.

Oleh : Zharfan Akbar Andriawan, KKN Tim II UNDIP, Kabupaten Kendal

Editor: Lusi Nur Ardhiani, S.Psi., M.Psi.