Bantu Cegah Penyebaran COVID-19 dengan Sosialisasi Cara Pembuatan Hand Sanitizer, Mahasiswa Undip Membuat Gerakan “Bisa Buat Sendiri!”

Semarang (31/07/20) – Dengan adanya penerapan New Normal masyarakat kelurahan Pedalangan kembali memasuki kegiatan bekerja di luar rumah sehingga diperlukan adanya persiapan yang diperlukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci tangan, menggunakan masker, dan selalu menjaga jarak. Namun dengan mobilisasi masyarakat yang tinggi, Penggunaan Hand Sanitizer lebih efektif dan efisien bila dibanding dengan menggunakan sabun dan air sehingga masyarakat banyak yang tertarik menggunakannya.

Menjaga kebersihan tangan menjadi langkah utama yang perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran covid -19 selain menggunakan masker dan menjaga jarak. Menjaga kebersihan wajib dilakukan dimanapun kita berada terutama pada saat bepergian sehingga sudah menjadi rutinitas apabila bepergian membawa handsanitizer. Oleh karena itu, pentingnya pemahaman bagaimana cara membuat handsanitizer yang mudah dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar.

Gambar 1 Sosialisasi Hand Sanitizer

Sejalan dengan hal tersebut, Sebagai bentuk  kegiatan pengabdian, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro di Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, berinisiatif melakukan sosialisasi dalam memanfaatkan sumber daya alam tanaman lidah buaya yang tersedia melimpah di taman toga di kelurahan pedalangan untuk dimanfaatkan menjadi bahan baku Hand Sanitizer sebagai antiseptik pembersih tangan terhadap kuman.Hand Sanitizer ini memiliki formula yang lebih lembut bagi kulit dikarenakan bahannya yang alami. Selain itu juga melakukan sosialisasi pentingnya penggunaan Hand Sanitizer dalam menjaga kebersihan bagi warga di RW 02, Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Harapannya dengan adanya sosialisasi pembuatan Hand Sanitizer ini warga dapat memproduksi sendiri Hand Sanitizer yang lebih ekonomis dan dapat dibuat dari bahan baku yang ada di sekitar pemukiman warga.

Sosialisasi mengenai Hand Sanitizer Aloe Vera mendapat tanggapan baik dan antusiasme yang tinggi dari warga RW 02, Pedalangan, Kota Semarang. Hand Sanitizer Aloe Vera ini memiliki aroma yang menyegarkan, dapat melembutkan tangan dan bahan yang dapat diambil dari lingkungan sekitar. Hal-hal tersebut banyak menarik perhatian dari para warga yang datang, Warga sangat tertarik dengan cara pembuatan, cara memperoleh bahan, hingga dana yang perlu dikeluarkan untuk pembuatan Hand Sanitizer ini.

Gambar 2 Kegiatan Sosialisasi di Balai RW 02 Kelurahan Pedalangan, Semarang

Penulis :  Murest Patra Patriosa Wibowo
Semarang, 31 Juli 2020
-BERSAMA MEMBERI MAKNA-