Dobrak Kemacetan Bisnis di Era Pandemi COVID-19, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Sosialisasi Digital Marketing
Pati (30/07/2020). Adanya Pandemi Covid-19 yang menyebar begitu cepat berdampak pada sektor ekonomi, pariwisata, transportasi bahkan pendidikan di Indonesi, dan pada jangka panjang akan mengganggu stabil. Adapun sektor ekonomi merupakan salah satu yang terdampak sangat besar dari kasus wabah virus corona di Indonesia.
Tidak hanya itu saja, adanya kebijakan sebelumnya yang telah dilakukakan pemerintah untuk tetap di rumah, social distancing, dan bekerja di rumah berdampak besar terhadap UMKM di Kabupaten Pati tanpa terkecuali di Desa Kembang Kecamatan Dukuhseti.
Anjuran social distancing demi menghindari penularan virus Corona yang lebih luas, sedikit banyak turut andil menurunkan aktivitas jual-beli di tengah masyarakat. Contohnya pelaku usaha toko skincre al-husna di Desa Kembang. Menurut Rita selaku pemilik toko, pandemi COVID-19 telah membuat omset tokonya mengalami penurunan hingga 15 persen.
Dengan adanya digital marketing masyarakat tidak perlu bingung mencari lapak untuk berjualan, karena pemasaran bisa dilakukan secara online.
Sosialisasi strategi digital marketing dalam bentuk pemanfaatan media sosial sangatlah penting. Alasanya karena dapat memberi pengetahuan kepada para pelaku UMKM mengenai cara maupun tahapan dalam memperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM itu sendiri.
Melalui kegiatan penyebaran brosur dan sosialisasi strategi digital marketing yang telah dilakukan Julla Mufarrikhah sebagai mahasiswa KKN Undip tim ll periode 2020 diharapkan warga masyarakat Desa Kembang Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati memiliki wawasan yang luas mengenai pentingnya literasi digital, menguasai ilmu kewirausahaan sehingga mampu mengelola usaha secara mandiri.

Penulis : Julla Mufarrikhah
Editor : Rani Tiyas