*Mahasiswa Undip Ajak Usaha Lokal Untuk Digitalisasi Usaha Demi Tingkatkan Penjualan di Tengah Pandemi

Demaan, Jepara (3/8) Pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan, terutama dari aspek ekonomi. Banyak usaha lokal masyarakat yang mengalami kerugian yang tidak sedikit akibat pembatasan sosial yang membuat masyarakat berdiam di rumah, serta kesulitan ekonomi yang membuat daya beli masyarakat menurun. Hal ini membuat usaha lokal menjadi lebih sulit untuk meraih pelanggan dan meningkatkan penjualan, sehingga dibutuhkan usaha lebih agar usaha dapat bertahan di tengah pandemi.

Sosialisasi Digitalisasi Usaha Kepada Pelaku Usaha Lokal di Demaan

Untuk membantu usaha lokal dalam meningkatkan penjualan di tengah pandemi, salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip, Faishal Farras, mengadakan program yang ditujukan untuk para pelaku usaha. Ia mengajak usaha lokal untuk melakukan digitalisasi usaha, agar usaha lokal dapat dengan mudah diakses oleh pelanggan. Program ini diadakan di usaha-usaha lokal yang berada di Kelurahan Demaan, Kabupaten Jepara.

Program ini terdiri dari sosialisasi terkait bagaimana cara digitalisasi usaha dan pembagian brosur edukasi agar menjadi panduan dalam melakukan digitalisasi usaha. Sosialisasi yang diberikan terdiri dari langkah-langkah dalam digitalisasi usaha, seperti mendaftarkan usaha di Google Maps, menggunakan sosial media sebagai sarana promosi, berjualan di marketplace online, dan memaksimalkan pemasaran digital. Pada brosur yang dibagikan terdapat penjelasan dari langkah-langkah tersebut, sekaligus terdapat tautan yang berisi modul untuk setiap langkah digitalisasi usaha yang dapat dibaca dan dipraktekkan oleh pelaku usaha.

Brosur Edukasi Digitalisasi Usaha

Salah satu pemilik lokal, Teddy, tertarik saat mendapatkan sosialisasi yang diberikan. Ia pun merasa bahwa informasi yang diberikan sangat bermanfaat dan dapat membantu untuk meningkatkan penjualan usahanya. Dengan adanya program edukasi digitalisasi usaha, Faishal berharap agar program ini dapat membantu usaha dalam bertahan di tengah pendemi, apalagi di masa new normal di mana usaha-usaha kecil mulai kembali beraktivitas.

Oleh: Muhammad Faishal Farras (FSM/Informatika 2017)
Dosen: Ir. Hermin Werdiningsih, MT