KOLABORASI PEMUDA DESA MENAWAN X MAHASISWA UNDIP DALAM PEMBUATAN MASKER DENGAN MEMANFAATKAN KAIN PERCA

Oleh    : Ifa Nur Fadlilah

NIM    : 14020217120021

Editor  : Dr.Ir. Yoyok Budi Pramono, S.Pt. M.P.

KUDUS (02/08)  Pemberdayaan pemuda desa menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan perkembangan suatu desa tersebut. Pemuda desa yang aktif dan produktif tentunya akan mempermudah kinerja pemerintah desa setempat untuk membangun desa. Di masa pandemic ini tidak menutup kemungkinan untuk tetap produktif, asalkan kita mampu melihat peluang – peluang yang ada seperti pembuatan masker untuk kegiatan sosial ataupun untuk dijual kembali  sebagai bentuk meningkatkan ekonomi ditengah wabah covid-19 ini.

Salah satu yang dilakukan oleh Mahasiswa Undip bersama pemuda Desa Menawan yaitu membuat masker dengan memanfaatkan kain perca. Alasan menggunakan kain perca adalah di Desa Menawan terdapat dua konveksi yang cukup besar dan beberapa penjahit local. Untuk itu terdapat banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk membuat masker tanpa harus membeli bahan dasarnya terlebih dahulu yaitu kain. Dengan memanfaatkan kain perca berarti sudah berperan dalam mengurangi limbah yang dihasilkan oleh masyarakat sendiri. Tujuan pembuatan masker dari kain perca ini sebagai bentuk untuk pemberdayaan terhadap pemuda desa dalam rangka meningkatkan jiwa wiraswasta di kalangan anak muda. Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta dari kalangan pemuda Desa Menawan. Adapun bahan dan alat yang dibutuhkan untuk pembuatan masker adalah kain perca, karet, jarum jahit, gunting dan benang.

Program ini dilaksanakan sebagai wadah kegiatan untuk memnunculkan jiwa wiraswasta pemuda Desa Menawan dan kemampua untuk membaca kebutuhan masyarakat, sehingga terciptanya pemuda desa yang produktif, aktif, kreatif, dan mandiri.