Tingkatkan Efisiensi Kerja UMKM Dengan Perbaikan Tata Letak Produksi

Ploso, Kab. Kudus (3/8) – Melalui tema “Pemberdayaan dan Pembinaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjuta (SDGs)” dengan salah satu poinnya tentang “industry, innovation, and infrastructure” maka salah satu mahasiswa Undip melakukan observasi pada UMKM di wilayahnya. Melalui pelaksanaan KKN Tim II UNDIP 2020 ini, mahasiswa Undip di Desa Ploso berkunjung ke salah satu UMKM di sana milik Bapak Kiswanto.

Dalam pembuatan sebuah produk, proses produksi berperan penting dalam kualitas produk yang dihasilkan. Semakin baik proses produksinya akan berbanding lurus dengan kualitas produknya. Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu untuk secara bertahap berbenah agar usahanya semakin baik, salah satunya dengan membenahi proses produksinya. Salah satu aspek yang dapat diperbaiki perlahan adalah tata letak fasilitas area produksinya.

Menanggapi hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2020 di Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus berupaya membantu UMKM Tahu milik Bapak Kiswanto untuk dapat meningkatkan efisiensi kerja di area produksinya. Terlihat masih ada penumpukan pekerja di satu tempat dan keadaan bising dari mesin penggiling kedelai yang dapat mengganggu pekerja.

Program ini akan dilakukan dengan memberikan edukasi dasar tentang tata letak fasilitas bagi pemilik UMKM. Mahasiswa juga memberikan usulan letak area produksi yang lebih baik berupa gambar denah 2 dimensi beserta keterangan tambahannya. Selain itu juga akan diberikan alat bantu ear-plug dengan tujuan dapat mengurangi kebisingan mesin yang masuk ke telinga para pekerja sehingga pekerja dapat lebih fokus bekerja.

Oleh: David Immanuela K.P / 21070117130073

Editor: Dr. Ir. Yoyok Budi Pramono, S.Pt., M.P