Aturan Normal Baru Mulai Diterapkan, Anak-anak Diajak Mengetahui Pentingnya Mencegah Penularan Covid-19

Batang (1/08/2020). Masa pandemic virus Covid-19 yang masih terus berlangsung terus meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam melakukan pencegahan. Terlebih dengan mulai diterapkannya aturan “Normal Baru”, dimana berbagai kegiatan masyarakat boleh diberlakukan lagi. Mulai dari perkantoran, perdagangan hingga kegiatan pendidikan akan segera diberlakukan secara normal dengan mengikuti protokol kesehatan. Bagi orang dewasa mungkin sudah banyak mengerti, namun pada anak-anak diperlukan pendekatan tersendiri dalam memberi pengertian pentingnya pencegahan Covid-19. Oleh karena itu, dalam program KKN Mahasiswa Undip mengajak anak-anak sekitar RW 1 Desa Kalisalak untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Covid-19 dan bagaimana pencegahanya.

Dengan mengajak sebanyak 6 orang anak, edukasi mengenai virus corona jenis baru ini dilakukan pada Sabtu, 1 Agustus 2020 bertempat di kediaman Mahasiswa Undip selaku pelaksana program. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker dan saat datang tiap anak akan membersihkan tangan dengan hand sanitizer, kegiatan dilaksanakan selama kurang dari satu jam agar tidak berkerumun terlalu lama.

Edukasi diawali dengan menjelaskan apa itu Covid-19 dan bagaimana penularannya serta gejala yang ditimbulkan. Kemudian anak-anak ditunjukkan apa saja bentuk pencegahan yang dapat dilakukan melalui media poster. Mulai dari bagaimana menjaga diri dan keluarga hingga 5 hal penting mengenai pencegahan Covid-19 menjadi inti dari materi yang diberikan. Menjaga diri dan keluarga diantaranya yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengkonsumsi makanan bergizi, menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, istirahat yang cukup dan lainnya. Kemudian 5 hal penting mencegah Covid-19 yang disampaikan adalah memakai masker bila sakit dan saat keluar rumah, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, belajar dan bekerja dari rumah, serta segera mandi dan ganti baju setelah bepergian. Selain pemberian materi tersebut, ditunjukkan pula bagaimana memakai masker yang benar dan dilakukan praktik bagaimana cuci tangan yang baik dan benar.

Edukasi mengenai pencegahan Covid-19 dengan media poster
Praktik cuci tangan yang benar

Selama kegiatan dilakukan, anak-anak mengikuti dan mendengarkan dengan baik. Beberapa anak sudah mengetahui mengenai pencegahan ini namun belum menerapkannya dengan baik dalam berkegiatan sehari-hari. Sehingga, dengan adanya edukasi ini diharapkan anak-anak dapat mengerti pentingnya melakukan pencegahan penularan Covid-19 dan bagaimana menjaga diri dari virus tersebut serta dapat menerapkannya dengan baik.

Oleh: Farah Dhifak (Fakultas Teknik / Departemen Teknik Lingkungan)

Editor: Ragil Saputra, S.Si, M.Cs (Dosen KKN)