EDUKASI MANFAAT TANAMAN OBAT DAN PEMBAGIAN BIBIT JAHE DI TENGAH PANDEMI OLEH MAHASISWA KKN UNDIP

PATI, Bakaran Wetan (16/07/2020), Serly Aprilia, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2020 melakukan edukasi dengan media poster tentang manfaat tanaman obat serta melakukan pembagian bibit tanaman jahe untuk dapat ditanam warga masyarakat Desa Bakaran Wetan.

Kamis (28/07/2020), kegiatan program berupa edukasi manfaat tanaman obat dan pembagian bibit tanaman jahe sebagai salah satu tanaman obat telah dilakukan.

Media yang digunakan sebagai edukasi yaitu berupa poster dan juga video, yang di demokan dari rumah ke rumah. Seperti diketahui bahwa kesehatan mahal harganya, dan hingga sampai saat ini kasus covid masih terus bertambah.

Corona virus dapat menyerang karena salah satu alasannya adalah daya tahan tubuh yang lemah dan kurang menjaga kebersihan. Oleh karena itu penting untuk kita semua tetap menjaga daya tahan tubuh, salah satu alternatifnya yaitu dengan tanaman – tanaman obat. Banyak sekali manfat dari tanaman obat yang sangat sedikit orang tahu, hal ini yang menjadi salah satu latar belakang untuk memberikan edukasi mengenai manfaat dari berbagai tanaman obat.

Tanaman obat bukan hanya tanaman rempah seperti jahe dan kunyit, namun juga banyak jenis tanaman lainnya seperti tanaman sirih, daun kelor, mengkudu dan lidah buaya yang sejatinya merupakan tanaman obat karena mengandung bahan – bahan yang bermanfaat bagi tubuh. Air rebusan daun sirih mampu meredakan batuk karena mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang menyebabkan peradangan di tenggorokan akibat batuk. Daun kelor juga mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk menangkal diabetes, buah mengkudu mengandung zat – zat anti kanker, meredakan sakit kepala dan meningkatkan sistem imun tubuh. Jahe dan kunyit itu sendiri yang merupakan jenis tanaman rimpang yang dapat menghangatkan tubuh serta meningkatkan sistem imun tubuh. Keduanya banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar dari jamu – jamu tradisional maupun obat herbal alami beberapa merk terkenal.

Penting mengetahui beragam manfaat tanaman obat yang memiliki banyak sekali kandungan didalamnya, tidak hanya meningkatkan sistem imun namun juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit lainnya.

Penulis : Serly Apriliya Oktariondari

editor : Rani tiyas