WARGA ACUH TAK ACUH, MAHASISWA KKN UNDIP AJAK WARGA LAKUKAN PHBS DAN PATUHI PROTOKOL MENGIKUTI SHOLAT BERJAMAAH



Edukasi Warga Mengenai Pentingnya PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan Prosedur Sholat Berjamaah di Masjid

Semarang 3 Agustus 2020- Kasus COVID-19 di Jawa Tengah masih saja meningkat. Total orang yang terkonfirmasi positif Covid 19 mencapai 9.954 dan pasien yang masih dirawat di rumah sakit mencapai 2.978 orang. Hal ini membuat Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi dengan jumlah kasus Covid-19 yang cukup tinggi. Salah satu penyebab kasus Covid 19 ini terus saja meningkat adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan seperti memakai masker, berjaga jarak minimal 2 meter, mencuci tangan, dan menerapkan gaya hidup sehat dan bersih, Apalagi masih banyak masyarakat yang menganggap era new normal ini seolah-olah keadaan sudah kembali normal.

Menanggapi hal ini, saya Muhammad Iqbal Reynaldi selaku mahasiswa kedokteran undip dan juga peserta KKN tergerak untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat guna mencegah penularan Covid-19 dan membuat warga perumahan Graha estetika yang berlokasi di tembalang, Semarang tidak mudah sakit dan terserang penyakit. Selain mengedukasi warga tentang gaya hidup bersih dan sehat dengan mengunjungi warga secara door-to-door dan membagikan brosur mini, saya juga mengedukasi tentang prosedur sholat berjamaah di masjid dan melakukan pemasangan spanduk yang berisi “suhu tubuh diatas 37.5 C tidak diperkenankan mengikuti sholat berjamaah” untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga yang mengikuti sholat berjamaah di masjid. Edukasi kepada warga mengenai pentingnya hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit dan sosialisasi tentang prosedur sholat berjamaah di masjid selama pandemi Covid 19 telah dilaksanakan selama kurang lebih 3 minggu dan berlangsung tanpa ada hambatan yang bermakna.

Edukasi kepada warga berisi:

  1. Pentingnya menerapakan PHBS (seperti mencuci tangan, pakai masker saat bepergian, makan makanan bergizi seimbang dll)
  2. Prosedur sholat berjamaah di masjid seperti disarankan untuk wudhu di rumah, membawa sajadah, pakai masker dll)

Warga perumahan graha estetika cukup antusias dengan adanya mahasiswa yang melaksanakan edukasi semacam ini mengingat ini merupakan hal pertama dimana mahasiswa melakukan KKN di perumahan ini. Dengan adanya edukasi ini diharapkan warga perumahan graha estetika dapat mengikuti anjuran yang diberikan dan mematuhi protokol yang telah ada sehingga dapat terhindar dari Covid-19 dan berbagai penyakit lainnya.

Penyusun: Muhammad Iqbal Reynaldi- Fakultas Kedokteran 2017

Editor: Ir. R.T.D Wisnu Broto, M.T.