CACINGAN NO MORE

Program dari tim KKN tentunya juga menyangkut tentang bagaimana meningkatkan kesejahteraan  masyarakat Desa Papasan. Masyarakat yang sejahtera dapat terwujud dengan masyarakat yang sehat. Kesehatan tentunya dapat dicapai bila masyarakat mengadopsi gaya hidup yang sehat, dimana salah satu nya adalah dengan pola makan yang benar, baik, dan  bersih sehingga kesehatan dapat terjaga. Kesehatan anak menjadi salah satu tolak ukur tingkat kesehatan masyarakat.

 

Tumbuh kembang anak sangatlah penting. Kondisi yang menghambat tumuh kembang anak akan sangat berpengaruh untuk anak di masa depannya. Di Desa Papasan, anak-anak suka bermain di tanah, dimana tanah adalah tempat tinggal cacing. Bila cacing masuk ke tubuh anak dan berkembang, maka akan mengganggu tumbuh kembang anak.

 

Penyuluhan tentang cacingan dan penggunaan obat cacing dilakukan di MI dan MTs Nahdlatul Ulama Papasan. Penyuluhan dilakukan di kelas 2, 3 dan 4 MI dan kelas 7 MTs, dimana materi tentang bagaimana pola hidup yang sehat agar dapat mencegah masuk dan berkembangnya cacing ke dalam tubuh. Selanjutnya para siswa diajak untuk menyaksikan video tentang cacingan dan pentingnya konsumsi obat cacing tiap 6 bulan sekali. Sesi penyuluhan diakhiri dengan tanya jawab mengenai materi seputar penyuluhan.

am                                               Foto 1.  Sosialisasi mengenai cara cuci tangan yang benar

ds

Foto 2. Sosialisasi mengenai cacingan dan pentingnya meminum obat cacing

gf

Foto 3. Pemberian obat cacing kepada siswi MTs Nahdlatul Ulama Desa Papasan