Mahasiswa UNDIP Informasikan Pelaksanaan Rapid Test Sesuai Tata Peraturan di Kabupaten Pati

Pati (02/08). Pada tanggal 30 Juli 2020 tepatnya di hari Jumat, Berlian Devi, salah satu mahasiswa UNDIP yang melaksanakan KKN di Desa Bajomulyo telah memberikan penyuluhan hukum mengenai Peraturan Bupati Pati Nomor 28 Tahun 2020 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan Pemeriksaan Rapid Test Corona Virus Disease 2019 pada Unit Pelaksana Teknis dengan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pati.

Penyuluhan hukum tersebut dilaksanakan pada saat acara dawis di RT 02/RW 01. Warga pun memperhatikan secara seksama mengenai penyuluhan hukum ini dikarenakan pandemi yang masih berlangsung, informasi ini tentu bisa sangat berguna di kemudian hari.

Selain mengetahui besaran tarif pelayanan yang harus diberikan serta dimana lokasi kita dapat melakukan Rapid Test, mahasiswa juga memberikan informasi mengenai pengurangan, keringanan, dan pembebasan atas tarif pelayanan. Pengurangan, keringanan, dan pembebasan tarif pelayanan dapat diberikan dengan memperhatikan kemampuan wajib bayar tarif pelayanan.

Hal ini tercantum di dalam Pasal 6 ayat (2) Peraturan Bupati Pati Nomor 28 Tahun 2020 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan Pemeriksaan Rapid Test Corona Virus Disease 2019 pada Unit Pelaksana Teknis dengan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pati.

Selain itu, mahasiswa juga memberikan sedikit informasi umum mengenai Rapid Test yang bersumber dari laman milik Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia, seperti siapa sajakah yang membutuhkan Rapid Test Corona, lalu kapan waktu yang tepat untuk menjalani Rapid Test Corona, serta apa sajakah risiko setelah melakukan Rapid Test Corona.

Mahasiswa berharap dengan adanya penyuluhan hukum ini maka informasi yang telah disampaikan dapat membantu meringankan keresahan warga mengenai harus atau tidaknya untuk melakukan Rapid Test, serta betapa pentingnya untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi segala protokol kesehatan dari Pemerintah. Karena kesehatan menjadi milik bersama saat kita semua patuh dan taat terhadap segala protokol kesehatan.

Gambar 1 Penyuluhan hukum mengenai Peraturan Bupati Pati tentang Rapid Test
Gambar 2 Penyuluhan hukum mengenai Peraturan Bupati Pati tentang Rapid Test
Gambar 3 Penyuluhan hukum mengenai Peraturan Bupati Pati tentang Rapid Test

Penulis : Berlian Devi Rimadhani L. P.

Editor : Rani Tiyas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *