Tingkatkan Nilai Jual UMKM di Pondok Kelapa, Mahasiswa KKN Undip Beri Pelatihan Marketing Mix 4P dan Konsep 5R

Pondok Kelapa (2/8/20) – Wabah Covid-19 membuat sektor ekonomi dan dunia usaha di Indonesia begitu terpukul. Terutama bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kelimpungan menghadapi bisnisnya yang terhambat bahkan mungkin tidak akan selamat. Karena kekhawatiran ini, mahasiswa Undip yang sedang melaksanakan KKN Pulang Kampung memiliki inisiatif untuk memberikan pelatihan kepada para pemilik usaha, guna meningkatkan nilai jual UMKM.

UMKM harus memahami bahwa durasi pandemi covid-19 tidak dapat diduga secara pasti, untuk itu tidak perlu panik dan segera lakukan tindakan penyesuaian. Salah satu tindakan penyesuaian yaitu dengan meningkatkan cara melakukan pemasaran produk. Hal ini dapat dilakukan dengan memahami konsep Marketing Mix 4P (Product, Place, Promotion, Price) dengan tujuan utama dapat membuat produk dijual secara online tetapi juga memperhatikan saingan.

Modul Pelatihan
Sumber: Galeri Penulis

Selain dengan meningkatkan nilai jual, pelaku usaha juga dapat memperbaiki sistem produksi di dalam UMKM. Salah satunya dengan menerapkan konsep 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Apabila hal ini diterapkan dan disampaikan kepada konsumen, maka dapat membuat penilaian konsumen terhadap UMKM menjadi lebih baik, mengingat UMKM juga menerapkan konsep ramah lingkungan.

Kegiatan Pelatihan UMKM
Sumber: Galeri Penulis

Salah satu UMKM yang diberikan penyuluhan yaitu UMKM Pembuatan Masker Kain Ibu Betty yang saat ini sudah bergerak ke ranah penjualan online di Instagram dengan nama @litbybettyhernayadi. Karena permintaan pelanggan yang sudah cukup banyak, maka dilakukan pelatihan untuk memperluas pemasaran di marketplace lain seperti shopee dan Tokopedia.

Oleh: Risky Fridy Ferianto

Editor: Dr. Sunarno, S.Si, M.Si