#StopTheSpread# Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Ibu-Ibu PKK Membuat Face Shield Praktis melalui Video Tutorial

PATI (28/07/2020), Mahasiswa KKN Undip melakukan pelatihan pembuatan face shield bersama ibu-ibu PKK Desa Bakaran Kulon. Pelatihan dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan peserta masing masing tiga orang dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan yaitu memakai masker dan jaga jarak.

Mengapa dilakukan pelatihan? karena bahaya yang dapat disebabkan oleh penyebaran covid-19, maka penting dilakukan upaya pencegahan dengan menggunakan Alat Pelindung Diri seperti masker dan face shield. Face shield adalah alat pelindung diri (APD) yang berbentuk penutup wajah seperti perisai yang terbuat dari plastik transparan. Alat ini sebenarnya sudah lama digunakan oleh tenaga medis, misalnya untuk operasi atau pada saat tes swab. Faktor lain diadakannya pelatihan pembuatan face shield adalah ketika kegiatan Posyandu Bayi Balita, ibu-ibu kader tidak memakai face shield sebagai APD. Dari 50 lebih orang yang datang dapat membahayakan petugas, karena kita tidak tahu apakah orang-orang yang datang tersebut bisa saja membawa virus. Untuk itu, Kartika Khrisna (21) Mahasiswa Administrasi Bisnis Undip akan memberikan face shield buatannya sendiri kepada ibu-ibu kader yang dapat digunakan pada kegiatan Posyandu selanjutnya atau untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Pelatihan dimulai dengan menunjukkan cara membuat face shield praktis melalui video tutorial yang sudah diunggah Kartika di kanal youtube pribadinya.

Setelah melihat video tutorial dengan seksama, selanjutnya ibu-ibu praktek dengan juga dicontohkan langsung oleh mahasiswa KKN tersebut. Kegiatan diakhiri dengan edukasi cara memakai masker yang benar dan tips-tips memakai face shield serta kelebihan dan kekurangannya.

 Meskipun sudah memakai face shield, diharapkan masyarakat tetap menggunakan masker karena face shield tidak diperuntukkan sebagai pelindung pernapasan utama.

Pelatihan pembuatan face shield kepada ibu-ibu PKK ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dari ibu-ibu PKK dan bisa menyebarkan pengetahuan pembuatan face shield kepada warga Desa Bakaran Kulon yang lain. Dengan pelatihan ini juga diharapkan bisa menambah kesadaran penggunaan Alat Pelindung Diri yang sesuai protokol kesehatan di masa pandemi seperti ini untuk menghentikan penyebaran  covid – 19.

Penulis : Kartika Khrisna Ariyanti

Editor : Rani Tiyas