“TENTANG” SEHAT MENTAL DI MASA PANDEMI

“TENTANG” SEHAT MENTAL DI MASA PANDEMI

Kabupaten Blora (18/7), Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Periode II Universitas Diponegoro di Kelurahan Karangjati, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora mengusung program edukasi “Tetap Tenang Menghadapi Pandemi Covid-19” yang dilaksanakan di wilayah RT 11 RW 01 Kelurahan Karangjati Blora dengan mengindahkan protokol kesehatan yang berlaku.

Pada masa pandemi ini kesehatan mental perlu diperhatikan dengan seksama disamping kesehatan secara fisik. Hal tersebut dikarenakan kondisi mental, pikiran manusia sangat mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Ketika seorang yang sakit selalu berbahagia maka proses penyembuhan akan berjalan cepat.

Pandemi Covid-19 yang berdampak ke beberapa sektor seperti ekonomi, sosial, pendidikan dan sebagainya menyebabkan munculnya rasa cemas, takut, stress dan isu kesehatan mental yang lain di masyarakat. Namun banyak masyarakat yang belum menyadari bahwa kesehatan mental sangat penting dalam menghadapi pandemi ini dan sering mengabaikan permasalahan psikologis yang terjadi pada dirinya sehingga tidak segera mendapat pertolongan.

Disusunlah sebuah program KKN berupa edukasi untuk masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan mental disamping kesehatan fisik. Program ini disampaikan pada beberapa warga secara door to door dan kombinasi berbagi daring melalui media sosial. Output dari program ini berupa buku saku digital dengan judul “TENTANG” berisikan edukasi mengenai covid-19, dampak, tips-tips dalam menghadapi pandemi serta panduan layanan konseling psikologis.

Buku saku tersebut dapat diakses melalui link , dimana siapapun dapat sekedar membaca atau mengunduh buku saku tersebut. Harapannya buku saku ini dapat bermanfaat bagi banyak orang dan kesehatan mental akan selalu terjaga selama masa pandemi ini.

.