Pembibitan Sayuran Bersama PKK

aplot4

 

 

 

 

 

 

Doc. Tim KKN Bumiharjo

Bumiharjo, 1 Februari 2017 – Pembibitan merupakan salah satu program tambahan Tim I KKN UNDIP Desa Bumiharjo di bidang lingkungan. Program ini merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam mendukung penghijauan dan pelestarian tanaman yang dapat dikonsumsi tanpa harus mengeluarkan biaya. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 bertempat di rumah petinggih Desa Bumiharjo yang ikuti oleh ibu-ibu dari kader PKK Dukuh Sidodadi Desa Bumiharjo.

Ibu-ibu kader PKK cukup antusias dengan kegiatan ini. Kegiatan ini memanfaatkan benda-benda seperti polybag, berbagai bibit tanaman dan juga pupuk kandang hasil fermentasi. Tahap awal dari pembibitan ini adalah melalui pengisian polybag dengan tanah, pupuk dan bibit tanaman yang ada seperti  timun, kangkung, sawi, cabai dan gambas. Proses ini harus dilakukan dengan seimbang agar hasil pembibitan yang dilakukan menghasilkan bibit yang unggul. Selanjutnya polybag yang sudah diisi dengan bibit, tanah dan pupuk tersebut disusun sedemikian rupa menurut jenis bibitnya. Dan selanjutnya kegiatan pembibitan ditutup dengan pembuatan rumah bibit dengan memanfaatkan jarring dan paranet serta dihias agar terlihat menarik.

aplot5

 

 

 

 

 

Doc. Tim KKN Bumiharjo

Harapannya dalam kegiatan ini dapat memberi manfaat yang besar bagi masyarakat yang ada di Desa Bumiharjo. Selanjutnya bibit-bibit ini akan dibiarkan beberapa hari agar tumbuh dengan baik dengan perawatan yang baik pula agar menghasilkan bibit-bibit yang unggul yang selanjutnya bibit tersebut akan dipindahkan ke wadah yang selayaknya.