#XAtasi Dampak COVID-19 Bidang Pendidikan, Mahasiswa KKN Undip Membuat Video Tutorial Aplikasi Penunjang Pembelajaran OnlineX-19-A-5#

Pada tahun ini, COVID-19 telah ditetapkan sebagai sebuah pandemi di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Hal tersebut mengakibatkan aktivitas manusia terdampak salah satunya yaitu sektor pendidikan. Kegiatan pembelajaran secara online yang ditetapkan oleh pemerintah sangat mendadak sehingga kurangnya persiapan tenaga pendidik dan siswa  tentang pemahaman teknologi/aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran secara online. Meskipun pemerintah telah memberlakukan New Normal. Kegiatan pembelajaran di Jawa tengah belum diperbolehkan dilakukan secara tatap muka, sehingga masih dilakukan secara online.

Foto Pembuatan Video Tutorial

SUSUKAN(03/08), Mahasiswa Tim II KKN Undip 2019/2020, Arsyida Urfiyyati  memberikan salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan membuat video tutorial Aplikasi Penunjang Pembelajaran Online. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pembuatan dan pendistribusian Modul Aplikasi Penunjang Pembelajaran Online yang telah dilaksanakan pada Minggu 1- Minggu ke 4 selama KKN.

Video tutorial dibuat sebagai pengganti dari program kerja pertama mahasiswa tersebut yaitu Pelatihan Aplikasi Penunjang Pembelajaran Online. Kebijakan social distancing membuat segala bentuk kegiatan terselenggara secara online sehingga pembuatan video tutorial ini merupakan salah satu alternatif dalam mengemas kegiatan tersebut.Terlepas dari pada itu, melihat dari hasil diskusi dengan kepala sekolah tingkat SLTP dan SMA/Sederajat di Desa Gentan, tenaga pendidik atau siswa lebih suka dan lebih mudah memahami apabila melihat video dan mendengarkan daripada membaca modul.

“Video tutorial ini kami buat untuk lebih mempermudah memahami materi dari Modul Aplikasi Penunjang Pembelajaran Online, karena kalau hanya Modul saja kami rasa kurang maksimal,” kata mahasiswa tersebut.

Video tutorial merupakan bentuk praktek dari isi Modul Aplikasi Penunjang Pembelajaran Online yang terdiri dari 4 Video, yaitu Video tutorial Microsoft Teams, Zoom, Google Form, dan Google Classroom.  Selain itu, pada awal video tersebut terdapat pengenalan Aplikasi secara singkat. Rencananya, video ini akan didistribusikan ke SMP Muhammadiyah Susukan, SMA Muhammadiyah Susukan, dan SMK Muhammadiyah Susukan pada Minggu terakhir KKN dalam bentuk softfile yang dapat diakses di Google Drive.

Mahasiswa tersebut berharap Video Tutorial ini dapat membantu dalam pemahaman penggunaan aplikasi penunjang pembelajaran online sehingga keberjalanan pembelajaran secara online di tingkat SLTP dan SMA/Sederajat di Desa Gentan dapat lebih efektif.