KKN Tim II UNDIP Sosialisasikan Cuci Tangan Rajin, Covid Menyingkir

(Tuban, 23/7/20) Desa Palang adalah sebuah desa yang terletak di pesisir laut utara Kabupaten Tuban. Layaknya desa pesisir lain, desa ini memiliki aktivitas yang cukup padat. Tidak hanya bekerja sebagai nelayan, sebagian penduduk Desa Palang juga berprofesi sebagai pedagang makanan kecil. Di saat pandemi covid seperti sekarang, tentu profesi tersebut menjadi sangat beresiko menyebarkan virus covid, meskipun pedagang tersebut telah melakukan upaya pemakaian masker dan physical distancing, karenakan virus dapat menyebar melalui uang yang digunakan untuk transaksi. Salah satu cara untuk mensiasatinya adalah dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air. Namun saat survei pada Minggu (19/7) beberapa pedagang kecil masih belum memiliki kesadaran untuk rajin mencuci tangan.

“Saya pikir cuci tangan pakai air aja sudah cukup, jadi saya tidak bawa sabun.” Ujar Ibu Tina penjual rujak dan minuman ringan.

“Saya sebenarnya tahu kalo cuci tangan harus pake sabun, biar benar-benar bersih. Tapi, kadang agak ribet kalo harus nyiapin sabun batang, kan licin, bisa jatuh terus hilang entah kemana.” Ujar Ibu Kib penjual makanan dan minuman ringan.

Selain memberikan sabun cuci tangan secara gratis dan sosialisasi cara mencuci tangan yang baik kepada para pedagang makanan kecil, juga dilaksanakan penggantian sabun cuci tangan pada tempat-tempat cuci tangan yang sabunnya telah habis. Kedua hal tersebut diharapkan dapat mengedukasi dan memberi solusi atas permasalahan yang dihadapi para pedagang makanan kecil dan masyarakat yang ingin mencuci tangan di daerah tersebut.