Bantu Desa Wujudkan E-Government, Mahasiswa KKN Undip Susun Website Desa

Kemiri, Purworejo (05/08), Perkembangan teknologi di dunia saat ini sangat pesat, hal ini dapat dimanfaat oleh pemerintah agar dapat dipergunakan untuk penyediaan informasi, penyediaan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan transparansi, serta dapat menekan biaya. Adanya website desa sebagai penerapan dari e-government dinilai dapat meningkatkan kinerja pemerintah sabagai penyedia pelayanan serta masyarakat sebagai pengguna pelayanan.

Menurut Indrajit (2002:36) E-Government merupakan suatu mekanisme interaksi baru antara pemerintah dengan masyarakat dan kalangan lain yang berkepentingan, dengan melibatkan penggunaan teknologi informasi (terutama internet) dengan tujuan memperbaiki mutu (kualitas) pelayanan. E-Government adalah penyelenggaraan kepemerintahan berbasiskan elektronik untuk meningkatkan kualitas layanan publik secara efisien, efektif dan interaktif. Dimana pada intinya E-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain (penduduk, pengusaha, maupun instansi lain).

Desa Sutoragan merupakan desa yang terletak di Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Kondisi masyarakat dalam mengetahui alur, persyaratan, dan prosedur dalam mengurus pelayanan publik kebanyakan kurang mengetahui akan informasi pelayanan publik. Kondisi demikian menyebabkan masih banyaknya masyarakat yang masih berkunjung ke kantor balai desa hanya sekedar menanyakan informasi pelayanan publik seperti alur, persyaratan, maupun prosedur dan masih banyaknya masyarakat yang harus bolak-balik ke kantor balai desa karena ketidak pahaman maupun masih kurang lengkapnya persyaratan yang dibutuhkan.

Tampilan Website Desa Sutoragan Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah

Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro berinisiatif membuatkan website desa. Pembuatan website desa bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat serta dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus pelayanan publik sehingga masyarakat tidak harus datang ke kantor balai desa hanya untuk sekedar menanyakan alur, persyaratan dan prosedur pelayanan publik serta dapat membantu perangkat desa dalam menyediakan informasi kepada masyarakat. Pembuatan website desa sudah dimulai sejak 28 Juli 2020 yang kemudian dilakukan pempostingan konten yang dibutuhkan. Website desa ini nantinya akan diserahkan kepada Bapak Nur Kholik selaku Kepala Desa Sutoragan. Kepala Desa serta perangkat desa menyambut baik adanya pembuatan website desa karena sebelumnya Desa Sutoragan sendiri belum mempunyai website desa. Kepala Desa berharap dengan adanya website desa ini nantinya dapat embantu masyarakat dalam mengakses informasi desa maupun pelayanan publik.

Oleh : M Mukhib

Editor : Abdi Sukmono