Edukasi Strategi Komunikasi Pemasaran dan Pendampingan UMKM

Batang (21/07/2020), Mahasiswa Universitas Diponegoro pada Selasa, 21 Juli 2020 telah melaksanakan edukasi dan pendampingan kepada UMKM dari desa Proyonanggan Selatan, Kecamatan Batang, kabupaten Batang. Materi yang disampaikan adalah komunikasi pemasaran diera digital kepada pelaku UMKM. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan perangkat digital sebagai media pemasaran produk mereka.
Banyaknya pelaku usaha yang mengalami kebangkrutan akibat adanya pandemic ini, membuat mahasiwa KKN Undip mencari solusi bagi pelaku usaha agar dapat bertahan dan berkembang bisninya. Banyak pelaku usaha yang menjual produknya secara langsung namun karena anjuran social distancing, membuat intensitas pertemuan antara pembeli dengan pedagang secara langsung berkurang. Hal tersebut menjadikan alasan untuk membuat program “Edukasi strategi komunikasi pemasaran dan pendampingan UMKM memanfaatkan internet untuk pemasaran”. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelurahan Proyonanggan Selatan, terdapat UMKM yang membuat produk-produk kerajinan. Ada dua yaitu kerajinan kupu-kupu batik dari daun dan kerajinan masker lukis. Selain itu juga ada usaha baru yang sedang digagas oleh pemuda desa Limpung, kabupaten Batang dengan produknya berupa makanan.

Program tersebut mahasiswa menyambangi secara langsung kediaman ketiga UMKM yang menjadi peserta dan menyampaikan materi serta menawarkan strategi kepada UMKM yang terlibat. Setelah adanya penawaran mahasiswa melakukan pendampingan dengan strategi yang dipilih oleh UMKM untuk kemudian dievaluasi dan menjadi strategi komunikasi pemasaran.
Diharapkan dengan program ini dapat memberikan pengetahuan bagi masyarakat agar lebih memahami konsep dan strategi komunikasi pemasaran. Sehingga dapat membantu penjualan dari produk dari UMKM.
Oleh : Yody Kurniandy (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)
Editor : Ragil Saputra, S.Si, M.Cs (Dosen KKN)