Selamatkan Perekomonian, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pelatihan Kewirausahaan bagi Ibu Rumah Tangga

Pati (Agustus/2020). Umi Khulsum, Mahasiswa KKN Tim II Undip asal Pati melakukan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan kepada ibu rumah tangga di Desa Glonggong, Kecamatan Jakenan. Dia melakukan pelatihan pengolahan pisang menjadi makanan ringan pisang cokelat dengan modifikasi rasa dan bentuk kemasan agar lebih menarik.

Pelatihan yang dilakukan yaitu dengan cara door to door di rumah warga. Yang mana sasaran utamanya yaitu ibu-ibu yang kesehariannya hanya mengurus rumah tangga. Mereka begitu antusias dengan pelatihan tersebut karena berharap mampu melakukan wirausaha dan mampu membantu suami mereka mencari nafkah guna meringankan perekonomian keluarga di tengah pandemi seperti ini.

Gambar 1. Pelatihan Kewirausahaan door to door
Gambar 2. Pelatihan Kewirausahaan door to door
Gambar 3. Pelatihan Kewirausahaan door to door

Bukan hanya melakukan pelatihan dan pendampingan pembuatan produk, mahasiswa asal Undip ini juga membantu membuat design logo dan kemasan produk pisang cokelat agar tampilan kemasan lebih menarik dan lebih mudah dalam pemasaran. Produk hasil olahan tersebut diberi nama PISCOK LUMER “Pisang Cokelat Lumer”. Selain  itu, Dia juga akan membantu memasarkan produk secara online melalui beberapa social media.

Gambar 4. Pendampingan Pembuatan Produk
Gambar 5. Pendampingan Pembuatan Produk
Gambar 5. Logo Pisang Cokelat Lumer

Harapannya, ibu rumah tangga di Desa Glonggong, Jakenan dapat lebih mandiri dalam mengembangan kewirausahaan guna menunjang perekonomian.

Penulis : Umi Khulsum

Editor : Rani Tiyas