Mahasiswa KKN Undip Bantu UMKM Melebarkan Sayapnya Di Dunia Maya

PATI (05/08/2020), Dimasa pandemi virus Covid – 19 ini semua kegiatan masyarakat yang dilakukan secara langsung dan tatap muka, harus diubah atau berganti secara online yang mengurangi kegiatan tatap muka. Tak terkecuali sistem jual beli sekarang lagi trend-trendnya penggunaan kecanggihan teknologi untuk memasarkan barang dagangan. Kegiatan promosi atau marketing dan penjualan atau selling biasanya menggunakan platform insatagram. Penggunanaan promosi dan penjualan secara online sangat membantu bisnis UMKM untuk meluaskam promosinya.

Sosialisasi strategi digital marketing dalam bentuk pemanfaatan media sosial sangatlah penting karena dapat memberi pengetahuan kepada para pelaku UMKM mengenai cara maupun tahapan dalam memperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM itu sendiri.

Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Selain biaya yang murah dan tidak perlunya memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen.

Minimnya pengetahuan pelaku UMKM mengenai digital marketing menginspirasi Kartika Khrisna untuk menyampaikan sosialisasi dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini. Jika pelaku UMKM paham akan pentingnya digital marketing bagi usaha mereka, diharapkan mereka akan termotivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana komunikasi dan promosinya, serta dapat mempraktikkannya secara langsung dengan memanfaatkan media sosial.

Dari pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini, sesungguhnya para pelaku UMKM tertarik untuk menggunakan digital marketing dan memanfaatkan media sosial secara optimal, namun mereka menghadapi beberapa kendala. Kendala yang dihadapi contohnya adalah kurangnya pemahaman mengenai pentingnya digital marketing, kurangnya pengetahuan mengenai teknologi informasi dan komunikasi serta cara-cara penggunaan dan pemanfaatan media sosial yang baik, tidak sabar ingin segera mendapat hasil, serta kurangnya pemahaman untuk menciptakan “postingan” yang menarik.

Untuk itu Kartika (21) ingin membantu  salah satu UMKM yang ada ada di Desa Bakaran Kulon yaitu UD Nugroho Jati, dimana UMKM ini bergerak di bidang Furniture rumah tangga serta pengrajin kayu seperti kusen-kusen rumah untuk menambah sistem marketing dan penjualan mereka dimana sebelumnya hanya menggunakan cara konvensional yaitu dari mulut ke mulut, namun sekarang sudah bisa mempromosikan  secara online.

Penulis : Kartika Khrisna Ariyanti

editor ; Rani Tiyas