MAHASISWA UNDIP BUAT HANDSANITIZER BERSTANDAR WHO

Jakarta (01/8/20) – Berkaitan dengan kondisi pandemik saat ini, Universitas Diponegoro mengirim mahasiswanya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata di wilayah rumah masing-masing selama 45 hari. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Undip kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Mahasiswa Undip diwajibkan untuk membuat program yang berhubungan dengan tindakan pencegahan COVID-19. Namun, dalam pelaksanaannya mahasiswa juga harus tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, faceshield apabila perlu, dan menjaga kebersihan tangan.

Salah satu cara menjaga kebersihan tangan adalah dengan menggunakan handsanitizer. Oleh karena itu, penulis berinisiatif untuk membuat handsanitizer yang berstandar WHO agar masyarakat bisa menghemat biaya untuk membeli handsanitizer. Alat ini dibuat dengan bahan yang mudah ditemukan, tidak mahal, namun dapat berfungsi secara maksimal membersihkan kuman, bakteri dan virus

“Orang-orang jadi lebih mudah membuat handsanitizer sendiri tanpa perlu beli-beli lagi dan dengan keefektifan yang sama.” Ujar salah satu warga kompleks Janur Elok,  Bapak Ridwan.

Melalui informasi cara membuat handsanitizer ini, diharapkan masyarakat perumahan kompleks Janur Elok dapat lebih menjaga kebersihan tangan dengan baik dan benar sehingga mengurangi resiko tersebar virus COVID-19.

Oleh: Putri Aisha Nabila

Editor : Ir. Sutrisno, MP