KERJASAMA DENGAN TOKO USAHA DALAM PENYEBARAN AWARENESS KEPADA KONSUMEN

7-D865773-62-F9-4-CE4-9528-AFB25-E2-EDD48

BEKASI, Agustus 2020 – Mahasiswa KKN UNDIP periode 2020 melakukan program kolaborasi bersama salah satu toko usaha di daerah Perumahan Wahana Pondok Gede kelurahan Jatiranggon Kota Bekasi dalam menyebarkan awareness tentang pentingnya menjaga tangan agar tetap bersih yang berdasar dari anjuran protokol kesehatan dari pemerintah. Program ini dilakukan pada awal bulan Agustus yang setelah seminggu program dilaksanakan akan melakukan wawancara kepada toko usaha tentang dampak dari program.

Awal mula program ini dilaksanakan dimulai dengan hasil observasi dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UNDIP, Andina Mutiara Insan, yang mendapatkan bahwa masih terdapat beberapa toko usaha yang tidak menyediakan tempat untuk mencuci tangan/tidak menyediakan handsanitizer pada toko mereka. Dan ternyata para konsumen pun tidak pernah ada yang bertanya tentang hal tersebut. Padahal, di tengah pandemic Covis-19 kita harus beramai-ramai saling mengingatkan dan menyadarkan akan pentingnya melakukan pencegahan dari penyebaran wabah Covid-19.

S-48078856

Karena itu mahasiswa membuat inisiatif untuk mengajak salah satu toko usaha untuk bekerjasama dalam menyebarkan awareness tentang pentingnya menjaga tangan tetap bersih walaupun hanya keluar rumah dalam durasi yang singkat (ke warung contohnya). Karena sedekat apapun kita keluar rumah, penting bagi kita untuk tidak menyepelekan protokol kesehatan. Mahasiswa menyebarkan awareness dengan cara bekerjasama kepada pemilik toko usaha untuk memberikan sticker yang berisi reminder untuk membersihkan tangan kepada setiap pembeli yang dating. Dan juga mahasiswa menyumbangkan handsanitizer kepada toko usaha.

Program ini diharapkan meningkatkan kesadaran kecil masyarakat yang seringkali di abaikan, karena dianggap tidak akan berpengaruh bagi kehidupan mereka. Yang padahal seharusnya kita harus tetap siap siaga dan memiliki kesadaran yang penting akan kesehatan kita, terutama di tengan pandemic seperti ini.

Oleh : Andina Mutiara Insan-Ilmu Komunikasi-FISIP

Dosen : Dr. Aminah SH, M.Si. NIP/NIDN: 19641204199032002