DAUN KELOR PENANGKAL MAKHLUK GHAIB ATAU CORONA ?

Kubangsari,Ciwandan, Kota Cilegon (7/08/2020) Sudah berjalan 5 bulan semenjak COVID-19 masuk di Indonesia. Saat ini (3 Agustus 2020)  Jumlah positif mencapai 113.134 dengan jumlah pasien sembuh 70.237 dan meninggal 5.302. Banyak aspek yang terkena dampak mulai dari ekonomi, pendidikan, dan tentunya kesehatan. Hingga saat ini vaksin dan obat COVID-19 masih terus mengalami uji riset, oleh karena itu pencegahan berupa memakai masker dan cuci tangan masih hal yang utama.

Disamping menjaga pola hidup sehat dan bersih (PHBS) diperlukan juga menjaga imunitas tubuh untuk bisa menjalani adaptasi kebiasaan baru, menjaga imunitas tubuh dapat menggunakan tumbuhan herbal yang mudah tumbuh di Indonesia contohnya adalah Pohon Kelor (Moringa oleifera) atau yang sering disebut Miracle Tree. Kandungan antioksidannya yang sangat banyak dapat meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi ini.

Saat ini daun kelor sendiri sudah meningkat daya jualnya di pasaran karena khasiatnya yang sangat banyak, dibalik mitos yang simpang siur di masyarakat daun kelor dapat mencegah berbagai penyakit terutama Malnutrisi, Diabetes, kanker, dan saraf. Kepercayaan masyarakat setempat untuk memakan daun kelor sebagai pelancar ASI pun sudah ada di jurnal riset yang membuktikannya.

“Di masa pandemi ini saya sudah menghimbau masyarakat untuk memakai masker dan selalu cuci tangan serta jaga jarak, tetapi ada satu hal yang banyak orang lupa yaitu meningkatkan imunitas. Daun Kelor yang sudah menjadi budaya masyarakat yang ternyata banyak manfaatnya. Saya Harap kedepannya terdapat produk baru yang dapat di pasarkan lebih luas agar dapat meningkatkan Penjualan dari Kelompok Wanita Tani di Kubang Sari. ” Jelas Pak Agus  sebagai Kepala Kecamatan Ciwandan.

Kepala Kecamatan Kubang Sari

Qonita Qurotta A’yun, Mahasiswi KKN TIM II UNDIP turut memperkaya inovasi dalam pembuatan produk daun kelor berupa pesto daun kelor. Pesto daun kelor ini rencananya akan saya bentuk dalam bentuk pasta sehingga dapat di tambahkan ke berbagai makanan untuk menambahkan nutrisi berupa antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas.

Pelatihan Ibu Kumpulan Wanita Tani Kubang Sari
Produk Bubuk dan Pesto Daun Kelor

Mulai dari proses pengeringan daun kelor hingga pengemasan produk pesto daun kelor mahasiswi meberikan ilmunya kepada  Kelompok Wanita Tani Teratai (KWT Teratai) kedepannya dengan ilmu tersebut dapat dilakukan penjualan dan pemasaran produk Inovasi khas dari daerah Kubang Sari yaitu Pesto Daun Kelor. Mahasiswi  berharap kedepannya dengan adanya produk baru ini dapat meningkatkan produksi daun kelor dan meningkatkan ekonomi di daerah Kubang Sari.

Author : Qonita Qurotta A’yun S1-Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran

Editor : Dr. Khairul Anam, S.Si., M.Si

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *