Mahasiswa Universitas Diponegoro Ajak Siswa Sekolah Dasar untuk Bereksperimen Fisika Sederhana di Masa Pandemi

Jakarta, (07 Agustus 2020) – Mahasiswa Univeristas Diponegoro mengajak siswa Sekolah Dasar Negeri Cilandak Barat 07 untuk membuat eksperimen fisika sederhana di kala PJJ (Pelajaran Jarak Jauh). Pelaksanaan dilakukan pada hari Selasa, 4 Agustus 2020. Pelaksanaan dilakukan dengan membuat video eksperimen fisika beserta materinya yang kemudian diserahkan ke guru kelas dan diberikan di sela-sela pelaksanaan PJJ (Pelajaran Jarak Jauh).

Pelaksanaan program ini didasarkan pada isu School from Home (belajar di rumah/jarak jauh) akibat adanya penyebaran Covid-19. Selama kegiatan belajar di rumah akibat kasus Covid-19, banyak kendala yang dialami anak-anak yang bersekolah ataupun guru yang mengajarnya. Mulai dari materi yang disampaikan tidak maksimal sampai tugas yang dianggap sulit karena pemahaman yang kurang akibat proses pembelajaran yang tidak efektif. Akibatnya banyak anak-anak yang mulai turun semangatnya dalam menjalani proses belajar di rumah. Terlebih dalam bidang fisika. Banyak anak-anak yang merasa sulit memahami materi fisika, apalagi pada pola belajar saat ini yang terbatas pada teori tanpa adanya praktik. Selain itu, banyak anak-anak yang turun minat belajarnya karena merasa jenuh menjalani School From Home, sehingga pengetahuan anak akan semakin menurun.

Pelaksanaan program dilakukan oleh Dwi Ayu Lestari, Mahasiswa Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro dalam rangka pelaksanaan program KKN Tim II Undip tahun 2020. Mahasiswa membuat video eksperimen fisika sederhana yang temanya telah disepakati terlebih dahulu dengan pihak sekolah. Berdasarkan kesepakatan tema, diambil tema mengenai suhu dan kalor untuk siswa kelas 6B di Sekolah Dasar Negeri Cilandak Barat 07. Video diberikan kepada siswa dan siswa bisa bereksperimen sesuai video di rumah masing-masing.

Banyak siswa yang antusias melakukan eksperimen ini. Mahasiswa membuat video eksperimen fisika sederhana yang disertai dengan materi fisika. Bagian awal video berisi pengenalan mengenai ilmu fisika yang dilanjutkan dengan materi suhu dan kalor, video diakhiri dengan 2 contoh percobaan bertemakan suhu dan kalor. Percobaan yang dibuat dipilih dengan mempertimbangkan kemudahan alat dan bahan yang dapat ditemukan di rumah, sehingga siswa tidak kesulitan untuk melaksanakan percobaan dirumah.

Beberapa materi dan kegiatan eksperimen yang dilakukan pada video eksperimen fisika sederhana yang dibuat

Setelah melakukan eksperimen fisika sederhana, siswa diajak untuk mengisi kuesioner mengenai ketertarikan melakukan eksperimen dan mempelajari fisika lebih dalam. Hasilnya lebih dari 60% siswa memahami materi yang disampaikan dan lebih daari 70% siswa tertarik untuk mempelajari fisika lebih dalam.

“Kesannya menarik dan seru, kita bisa belajar sambil bermain, dan bisa dicoba dirumah dengan alat yang sederhana” menurut Azriel, siswa kelas 6B.

“Saya menjadi lebih paham materi dan tertarik mempelajari fisika lebih dalam. Saya merasa senang dan bangga karena saya menjadi tahu sebab dan akibat dari apa yang sudah saya pelajari,” tulis Prawidana, siswa kelas 6B.

“Videonya bagus, mendidik dan inovatif, isinya pun sangat jelas. Anak- anak menjadi banyak belajar hal baru”, kata Bu Santi, guru kelas 6B SDN Cilandak Barat 07.

Beberapa foto siswa yang melakukan eksperimen suhu dan kalor di rumah

Dengan melakukan eksperimen fisika sederhana ini, diharapkan minat belajaar siswa dapat meningkat selama School from Home dan siswa menjadi tertarik mempelajari fisika dan ilmu lainnya lebih dalam.

Penulis : Dwi Ayu Lestari. Fisika, Fakultas Sains dan Matematika

Editor : Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum., M.Hum.