KEPANASAN SAAT BEKERJA, KARYAWAN UMKM BERALIH MENGGUNAKAN FACE SHIELD

Pati (30/07) Di masa pandemi saat ini, masyarakat tetap berusaha untuk melanjutkan aktivitasnya, terutama mata pencaharian mereka. Namun, hal ini juga dihadapkan pada aturan-aturan baru, salah satunya yaitu memperhatikan protokol kesehatan.

Seperti pada UMKM Pia Kering, karyawan mengeluhkan ketidaknyamanan saat bekerja menggunakan masker yang berujung pada kebiasaan melepas masker saat bekerja. Hal ini disebabkan pada faktor utama yaitu suhu tinggi di lingkungan pabrik, apalagi UMKM ini menggunakan oven sebagai media pemanggangnya, tentu saja suhu ruangan menjadi semakin panas dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Maka dari itu, mahasiswi Undip memberikan solusi baru yaitu penggunaan APD Face Shield. Dalam pelaksanaanya, mahasiswi Undip secara mandiri membuat face shield tersebut. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, dibutuhkan mika rigid, karet baju, sponge, double tape, lem perekat dan stapler. Cara pembuatannya pun simple dan mudah dipraktekkan.

Solusi ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan karyawan dalam bekerja di suhu panas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi sekarang ini.

Penulis: Giafanny Sionika

Program Studi Administrasi Bisnis

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Dosen pembimbing: Dr. Meiny Suzery, MS.