“Penjualan UMKM Menurun Drastis, Mahasiswa Undip Mengenalkan Strategi Penjualan dengan Digital Marketing”#KKNKotaKabPekalonganBatang

Sragi, Pekalongan (01/08/20), Penjualan UMKM didukuh Ringin Pitu, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan selama Pandemi Covid-19 mengalami penurunan penjualan. Selama ini produk dipasarkan di beberapa warung maupun lapak di lokasi tertentu di sekitar desa dan di kota sebelah. Hal ini diketahui dari hasil wawancara antara mahasiswa Undip dengan pelaku UMKM. Menurut mereka pada saat Pandemi Covid-19, untuk hasil penjualan menurun dari yang biasanya mendapatkan pemasukan perhari Rp.50.000 namun sekarang sepi.

Dengan masalah tersebut mahasiswa KKN Tim II Undip 2020 mencoba untuk memecahkan masalah ini dengan mengenalkan strategi pemasaran digital atau yang biasa disebut dengan Digital Marketing. Digital Marketing merupakan pemasaran digital yang dapat digambarkan sebagai mempromosikan suatu produk dan layanan secara aktif menggunakan media sosial. Pemasaran model ini mempunyai banyak kelebihan yaitu tidak perlu adanya tatap muka ketika melakukan transaksi jual beli sehingga meminimalisir kontak fisik antara penjual dan pembeli, sehingga dapat meminimalisir penyebaran Covid-19. Pemasaran digital juga berpotensi untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Program pemasaran digital ini dilakukan dengan mengumpulkan data para pelaku UMKM kemudian mahasiswa mendatangi mereka untuk mewawancarai mengenai produk yang mereka produksi. Pelaku UMKM sangat antusias dengan program ini karena menurunnya penjualan di tengah pandemi menjadikan program ini sebagai harapan untuk mengembalikan hasil penjualan seperti semula atau bahkan lebih.

Whats-App-Image-2020-08-07-at-21-31-22
Membantu UMKM untuk foto produk
Whats-App-Image-2020-08-07-at-22-43-33
Foto produk UMKM
Whats-App-Image-2020-08-07-at-22-45-45-1
Sosialisasi tentang Digital Marketing kepada UMKM
Whats-App-Image-2020-08-07-at-22-45-45-2
Sosialisasi tentang Digital Marketing kepada UMKM

Editor: Nikie Astorina YD, SKM, M. Kes