Usaha Harus Tetap Berjalan di Tengah Pandemi, Mahasiswa KKN Undip Kembangkan Sosial Media UMKM

Magelang Utara (07/08) – Pada masa pandemi covid-19 banyak sekali yang terkena dampak dalam berbagai sektor, terutama sektor ekonomi. Karena adanya pandemi covid-19 ini, banyak merugikan para pedagang, UMKM, dan bisnis lainnya. Mereka harus tetap bertahan walaupun keuntungan tidak seperti biasanya. Tidak sedikit dari mereka yang berakhir dengan menutup usaha.

Gambar 1.1 sosialisasi mengenai strategi marketing dalam sosial media

KKN Tim II Undip 2020 yang mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”, membuat mahasiswa harus melaksanakan program dengan mengabdi ke masyarakat. Salah satunya adalah Renata, mahasiswi Undip yang sedang menjalankan KKN Tim II Undip 2020 di Kota Magelang. Dalam program SDGs, Renata membuat program tentang “Pengembangan Sosial Media UMKM dan Sosialisasi Marketing Mix (4P) dalam Sosial Media” yang ditujukan untuk salah satu usaha dalam bidang makanan di Kota Magelang. Program tersebut dibuat dalam rangka meningkatkan pemasaran produk dan meningkatkan awareness masyarakat dengan suatu produk.

UMKM yang menjadi target Renata adalah salah satu bisnis mahasiswa yang baru berjalan kurang lebih satu setengah bulan, yang bernama Potaqi. Potaqi merupakan keripik kentang home made dan tanpa bahan pengawet yang di produksi oleh mahasiswa. Dalam menjalankan program “Pengembangan Sosial Media”, Renata membuat design sebagai salah satu sarana promosi di sosial media instagram UMKM. Dalam sosialisasi mengenai marketing mix 4P dalam sosial media yang dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2020, Renata menggunakan media powerpoint sebagai alat penyampaiannya. Para mahasiswa pemilik UMKM tersebut terlihat sangat antusias dalam menerima materi yang diberikan oleh Renata dan teman-temannya. “Terimakasih KKN Undip, materi nya sangat bermanfaat untuk usaha kami apalagi sekarang lagi pandemi gini jadi tambah bingung kan soalnya kita juga masih tergolong usaha baru,” ucap Akbar sebagai pemilik Potaqi.

Gambar 1.2 design untuk feeds instagram UMKM

Dengan dilaksanakan program tersebut, diharapkan usaha mahasiswa yang masih baru dapat terus berjalan walaupun hanya secara daring dan dapat mempromosikan dengan lebih gencar setelah diberikan edukasi mengenai strategi marketing mix dalam sosial media.

Author: Renata Alma Ratu Nabila – Ilmu Komunikasi 2017

Direview Oleh: Maharani Patria Ratna