Tetap Produktif Meskipun #DiRumahAja, Yuk Asah Hard Skill Lewat Seminar Online!

Tuban, Jawa Timur (8/8) –– Pada minggu keempat salah satu mahasiswa KKN Tim-2 Undip bernama Nidaul Khoir telah melaksanakan program kegiatan berupa seminar secara daring atau Web Seminar Pengenalan Software SPSS Dalam Pengolahan Big Data di Era Industri 4.0 pada Senin (27/7).

Web Seminar ini ini dilaksanakan melalui video conference yaitu Google Meet yang diikuti oleh 10 peserta dengan sasaran yaitu mahasiswa yang bertempat tinggal di Perumahan Bukit Karang, Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur.

Gambar 1. Pelaksanaan Web Seminar Pengenalan SPSS

Materi yang dibawakan ialah mengenai teknik dasar dalam menggunakan spss dan mengolah big data software SPSS dengan penjelasan terkait perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif, dengan harapan peserta yang mengikuti  memiliki pemahaman yang benar terkait dengan cara kerja kedua penelitian tersebut. Dengan adanya pemahaman yang benar terkait metode penelitian, maka sebagai peneliti kita dapat memiliki metode riset yang terbaik sebagai alat pengambilan keputusan. Peserta seminar juga mendapatkan Seminar Kit yang berisikan materi seminar yang dibawakan, referensi – referensi terkait metode yang disampaikan, serta software SPSS itu sendiri yang dihimpun dalam satu folder Google Drive tautan yang telah dibagikan.

Setelah memberikan pengertian dasar, dilanjutkan dengan praktik langsung penggunaan SPSS. Hal mendasar yang dipelajari seperti memasukan data kedalam SPSS, mencari frekuensi data di SPSS, serta mengelompokkan data di SPSS. Kegiatan ini sangat disambut baik oleh peserta yaitu  mahasiswa setempat. Dalam proses web seminar, mahasiswa juga terlihat sangat antusias dan juga tertarik akan aplikasi ini. Menurut mereka, dengan menggunakan aplikasi ini maka mereka mendapatkan ilmu terkait pengolahan data pada big data yang dapat membantu untuk membuat tugas akhir atau skripsi.