SIOLE: JAJANAN HYGIENIS DAN BERGIZI

SUSUKAN (6/2) – Lel31e merupakan salah satu ikan yang dibudidayakan di Kelurahan Susukan. Ikan lele ini dibudidayakan di tiga kolam terpal dengan ukuran masing-masing 7 x 3 m. Ikan lele memiliki kandungan sumber protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, B2, dan B3, yang baik untuk tubuh manusia. Lele dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan, salah satunya adalah siomay. Siomay lele berpotensi menjadi usaha masyarakat Kelurahan Susukan yang menguntungkan.

Pelatihan pembuatan siomay lele pun dilakukan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk warga Kelurahan Susukan, khususnya Rukun Warga (RW) 02. Hal ini dilakukan sehingga masyarakat dapat memiliki dan mengembangkan keahlian tersebut. Berbagai pelatihan lainnya yang dapat mendukung hal ini pun dilakukan oleh mahasiswa KKN kepada warga. Pelatihan tersebut antara lain adalah pelatihan vacuum sederhana, pelatihan pemasaran prod23uk, pelatihan hygiene sanitasi pangan, serta pelatihan prosedur Perijinan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Enam belas warga mengikuti pelatihan ini dengan antusias selama dua jam. Melalui pelatihan ini diharapkan warga dapat membangun usaha pribadi yang menguntungkan dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Susukan.