#22-B-D3 Senyum Masyarakat Sambut Sosialisasi dan Edukasi Gemar Makan Ikan#

Demak (28/7) – Selasa, 28 Juli 2020 KKN TIM II Universitas Diponegoro dengan pendamping lapangan Besar Tirto Husodo, S.Sos, M.Kes, melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi manfaat mengonsumsi ikan Tongkol (Euthynnus affinis) kepada masyarakat khususnya anak-anak.

“Aku jarang makan ikan laut, terutama ikan Tongkol. Hampir sebulan sekali saya makan ikan mas”tutur  Ajeng (10)

“Aku dirumah jarang makan ikan mas, aku juga baru denger ada ikan namanya tongkol mas, itu ikannya seperti apa ya, enak nggak?”tutur, Sofi (9)

Berbekal wawancara dari beberapa anak saya melakukan kegiatan KKN edukasi dan sosialisasi tentang manfaat gizi ikan tongkol terutama untuk pertumbuhan bagi anak dan bisa juga untuk mencegah virus Covid-19.

Kunjungan ini dilakukan guna melakukan edukasi kepada warga di Sampangan, Bintoro Demak. Karena adanya kebijakan new normal dan adanya anjuran dari pemerintah untuk menjaga jarak sehingga edukasi dilakukan dari rumah ke rumah. Edukasi dilakukan menggunakan poster dengan tema Manfaat Gizi Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) bagi tubuh dalam pencegahan Covid-19 serta pembagian poster kepada warga setempat.

Edukasi yang dilakukan disambut baik oleh masyarakat sekitar, masyarakat pun memahami pentingnya mengkonsumsi ikan ditengah pandemi Covid-19 dan kebijakan New Normal terutama ikan Tongkol yang murah, mudah ditemukan dan memiliki gizi yang baik demi mencegah penularan Covid-19.

Oleh : Iqbal Abrarsyah