EDUKASI UMKM DENGAN PEMANTIG “PEMANFAATAN TEKNOLOGI GO-FOOD”, MAHASISWA UNDIP MEMBERIKAN PELATIHAN SECARA LANSGUNG UNTUK MENGHADAPI ERA DIGITAL

Jakarta, 05 Agustus 2020 – Sejak memasuki Era Digital, banyak orang telah membahas perubahan fenomena yang terjadi seperti banyaknya teknologi canggih yang mengubah cara-cara orang bekerja dan beraktivitas di berbagai bidang contohnya yaitu Go-Food. Namun, kita sebagai calon sumber daya tentu perlu menyikapi hal ini dengan seksama. Untuk itu mahasiswa UNDIP kali ini memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada UMKM yang belum mengetahui ataupun belum terdaftar Go-Food yang dilaksanakan di wilayah Tanah Tinggi, Jakarta Pusat oleh Shabrina Berdiansyah.

Mahasiswa ini memaparkan pemanfaatan teknologi Go-Food ini yang dimulai dari pengertian hingga langkah-langkah untuk bisa menjadi mitra Go-Food kepada UMKM Kuliner. Cara pemaparannya yaitu secara sederhana dengan mendatangi langsung UMKM yang belum terdaftar Go-Food. Saat mendatangi UMKM juga, Shabrina memberikan pelatihan melalui buku panduan atau modul untuk bisa menjadi mitra Go-Food. Cukup dengan smartphone dan adanya jaringan internet, Anda sudah bisa mendaftarkan usaha Anda ke pihak Go-Food.

Sebelum lebih jauh pada teknologi Go-Food, kita perlu mengembangkan atau mempersiapkan diri terhadap perubahan akibat dari perkembangan digital yang masif. Salah satu caranya dengan menanamkan kesadaran digital kepada masyarakat luas, bahwa transformasi digital merupakan sesuatu yang memang sedang terjadi dan sangat penting. Ia menjelaskan salah satu kegagalan dari transformasi digital adalah kitanya yang tidak mau berubah dalam menghadapi perubahan era ini. Ada beberapa UMKM yang diberikan pelatihan dan pendaftaran hingga menjadi mitra Go-Food secara langsung oleh Shabrina yaitu UMKM Myuku, UMKM Roti Kupi, dan UMKM Cappucino Cincau. Pendaftaran Go-Food ini sangatlah mudah, akan tetapi untuk proses verifikasi dan pembuatan outlet restoran Anda di aplikasi akan memakan waktu maksimal 7-14 hari kerja. Berikut adalah contoh tampilan Go-Food UMKM Cappucino Cincau yang sudah melalui proses verifikasi.

Tadinya, masih banyaknya masyarakat yang meerasa bahwa fenomena serba digital ini hanya untuk generasi muda sekarang. Akan tetapi, dengan adanya edukasi tentang pemanfataan Go-Food ini kepada masyarakat, Shabrina berharap masyarakat jadi lebih siap dan bersaing dengan generasi muda di era digital ini.

Penulis : Shabrina Berdiansyah, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro

Editor : Yanuar Yoga Prasetyawan, S.Hum,M.Hum