Ancaman Ketahanan Pangan di Tengah Masa Pandemi COVID-19, Mahasiswa Universitas Diponegoro Lakukan Sosialisasi di Desanya

Mertoyudan (09/08) – Ditengah masa Pandemi COVID-19, Universitas Diponegoro melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan konsep KKN Pulang Kampung yang mana pelaksanaan KKN ini dilakukan secara individu di lokasi dimana mahasiswa tinggal. Hal ini dilakukan demi menjaga agar tidak terjadi penyebaran COVID-19 oleh mahasiswa KKN. Kegiatan KKN tersebut berlangsung dari tanggal 5 Juli hingga 15 Agustus 2020. Kegiatan KKN pun dilaksanakan harus sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dengan salah satu warga di Desa Mertoyudan

Masa Pandemi COVID-19 sangat berdampak pada masyarakat serta dapat mengancam kepada ketersediaan bahan pangan sehingga ketahanan pangan nasional pun dapat terancam. Oleh karena itu, Andreas Richo seorang Mahasiswa Universitas Diponegoro menjalankan program ke 2 yang berjudul “Sosialisasi tentang mewujudkan ketahanan pangan dimasa pandemi covid-19” di Desa Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Kegiatan ini dilakukan karena adanya ketidak-tahuan masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan secara individu ditengah masa Pandemi Covid-19 ini. Sosialisasi dilakukan sebagai upaya pencerdasan kepada masyarakat sehingga masyarakat mendapatkan wawasan mengenai cara mewujudkan ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19. Program ini diawali dengan melakukan pembuatan pamflet yang kemudian pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara door to door dan meminimalisir adanya perkumpulan.

Kegiatan sosialiasasi yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Diponegoro ini mendukung Pemerintah melalui aparatur desa yang menyarankan masyarakat memiliki peran langsung dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Program Sosialisai ini juga sesuai dengan konsep KKN Pulang Kampung yang dilaksanakan oleh Universitas Diponegoro yaitu pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 berbasis pada tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’S).

Nama : Andreas Richo A.W
NIM : 23020317130068
Dosen Pembimbing : dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si., Ph.D