Mahasiswa KKN Undip Buat Hand Sanitizer Lidah Buaya ala Rumahan Dengan Standar WHO

Lempuyang Bandar, Lampung Tengah (02/08/2020). KKN Undip bertajuk “Pulang Kampung” Mengajak Mahasiswa Turut Berpartisipasi dalam Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) yang dilakukan serempak pada tanggal 5 Juli – 15 Agustus. Berbeda dengan program KKN yang dilaksanakan pada tahun – tahun sebelumnya, tahun ini program KKN dilaksanakan di kampung halaman masing – masing mahasiswa. Dalam menghadapi New Normal, Hand Sanitizer dan masker menjadi hal yang wajib untuk dibawa kemana – mana.

Beberapa waktu lalu Hand Sanitizer menjadi produk langka yang dicari oleh masyarakat. Kebutuhan Hand Sanitizer semakin meningkat, setelah pemerintah mengumumkan kasus virus Corona yang terus bertambah setiap harinya. Kebutuhan yang tinggi ini mengabitkan stok Hand Sanitizer di pasaran menipis.

Demi mengatasi masalah keterbastasan stok Hand Sanitizer ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mengeluarkan panduan pembuatan Hand Sanitizer sendiri yang dapat dilakukan di rumah. WHO mengatakan untuk membuat Hand Sanitizer dibutuhkan konsentrasi alkohol minimal 60%. Adapun bahan – bahan yang digunakan untuk membuat Hand Sanitizer menurut WHO sebagai berikut:

  1. Ethanol 96%
  2. Hidrogen Peroksida 3%
  3. Gliserin 98%
  4. 1 liter air suling steril
Proses Pembuatan Hand Sanitizer
Proses Pembuatan Hand Sanitizer

Yang menjadikan Hand Sanitizer ini berbeda adalah kandungan lidah buaya yang ada di dalamnya. Lidah buaya memiliki kandungan saponin, flavonoid, polifenol, serta tanin yang mempunyai kemampuan untuk membersihkan dan bersifat antiseptik. Selain itu itu lidah buaya juga berguna untuk melembutkan kulit, sehingga aman untuk dijadikan bahan Hand Sanitizer.

Kegiatan yang dilakukan Hilwa Aulia Rahmah, di RT/48, Kelurahan Lempuyang Bandar ini adalah sebagai bentuk persiapan menghadapi New Normal yang harus tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Dalam kegiatan tersebut sebanyak 48 botol berukuran 60ml dibagikan kepada 39 KK yang berada di RT/48, Kelurahan Lempuyang Bandar. Kemudian sisanya dibagikan kepada warga sekitar Kelurahan Lempuyang Bandar.

Pemberian Hand Sanitizer Kepada Warga
Pemberian Hand Sanitizer Kepada Warga

Diharapkan dengan adanya pembagian Hand Sanitizer gratis kepada warga RT/48, Kelurahan Lempuyang Bandar ini dapat bermanfaat bagi kesehatan warga setempat dan dengan adanya program ini masyarakat menjadi lebih aware bahwa Hand Sanitizer sudah menjadi barang wajib yang selalu ada di dalam tas saat hendak berpergian.
Penulis: Hilwa Aulia Rahmah
Editor: Fajrul Falah