#XManfaatkan Sampah Organik Rumah Tangga untuk Membuat Pupuk KomposX-15-A-6#

Semarang – Peduli lingkungan, Mahasiswa KKN Undip ajak fasilitator Taman Baca Surya Gempita membuat kompos dari sampah organik rumah tangga.

Sampah merupakan masalah umum yang dihadapi masyarakat. Pengolahan sampah yang belum maksimal menjadikan sampah hanya dibuang begitu saja dan dibiarkan menumpuk di tempat pembuangan sampah. Hal tersebut juga dialami oleh masyarakat Desa Losari. Mereka masih belum bisa memanfaatkan sampah rumah tangga terutama sampah organik dengan baik. Oleh karena itu mahasiswa KKN Undip menyusun program kerja untuk memanfaatkan sampah organik rumah tangga menjadi pupuk kompos.

Bersama fasilitator Taman Baca Surya Gempita, mahasiswa KKN Undip melaksanakan kegiatan pelatihan membuat pupuk kompos dari sampah organik rumah tangga. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Minggu (02/08/2020) bertempat di RT 03 RW 03 Desa Losari yang diikuti oleh fasilitator Taman Baca Surya Gempita. Sebelum mengadakan pelatihan mahasiswa KKN Undip membuat pupuk kompos sebagai percontohan wujud pupuk kompos yang sudah jadi/matang.

“Pelatihan membuat pupuk kompos ini merupakan sebuah kegiatan yang menarik. Dengan adanya pelatihan ini saya menjadi lebih tahu bagaimana mengolah sampah menjadi pupuk yang dapat menyuburkan tanaman” ujar Firda salah satu fasilitator taman baca.