#XPandemi Tidak Menyurutkan Gelora Semangat Warga Muncar untuk Memperingati KemerdekaanX-35#

Muncar, Susukan – Senin, (10/8/2020). Dalam beberapa hari kedepan Bangsa Indonesia akan memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Nuansa berbeda tentu terasa bila dibandingkan dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, kita akan merayakan peringatan tersebut dalam suasana pandemic Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir. Walau demikian, tetapi tidak membuat surut semangat dari seluruh masyarakat Desa Muncar untuk dapat memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Seluruh rumah tangga diminta mengibarkan bendera merah-putih, dan menghias kampung, sebagai simbol semangat perjuangan. Bendera merah-putih diharapkan berkibar di halaman setiap rumah. Peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, tetap diperingati khidmat, dengan protokol kesehatan. Namun berbagai lomba yang biasa menggelorakan acara “Agustusan” menyurut. Karena khawatir akan menjadi kerumunan orang yang bisa menjadi media pe-wabah-an virus corona. Tetapi, tidak berhenti disitu saja Desa Muncar memiliki cara lain untuk memaknai hari kemerdekaan dengan melakukan beberapa kegiatan seperti melakukan kerja bakti setiap hari minggu, pengecatan pagar, menghias lingkungan desa dengan pemasangan umbul-umbul, pemasangan banner kemerdekaan dan lampu kerlap kerlip.

Selain itu juga generasi millenial (masa kini) di Desa Muncar merayakan hari proklamasi 17 Agustus dengan situasi zaman yang khas: yakni, dengan mengadakan sayembara foto dengan tema “Saya Berbudaya dan Saya Pancasila”. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat menggelorakan semangat masyarakat terutama generasi millenial untuk tetap menjadi pelaku utama upacara peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama indonnesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia