#X Mahasiswa Undip Rayakan Kemerdekaan Republik Indonesia secara Online X-18#

SUSUKAN ,- Mahasiswa Universitas Diponegoro merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia secara online dan unik. Berbeda dari perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia di tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara nyata dengan tatap muka, yaitu dengan upacara yang hidmat. Setelahnya di adakan lomba-lomba permainan tradisional Indonesia, Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini dirayakan secara virtual dan malah menjadi ajang mahasiswa dalam unjuk kreativitas. Walaupun pada tahun ini perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia tidak seperti biasanya karena masih di masa Pandemi COVID-19, namun mahasiswa tetap antusias dalam memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75th.

Dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia yang ke-75th, mahasiswa Universitas Diponegoro memperingatinya dengan cara yang tak biasa, yaitu dengan membuat twibbon ucapan Dirgahayu Indonesia dengan kreativitas maasing-masing. Twibbon ini secara serentak dipublih di media social yaitu Instagram, twitter, dan Facebook dari masing-masing mahasiswa.

Twibbon ini tidak berisi mengenai HUT Republik Indonesia, namum juga berisi mengenai himbauan-himbauan yang berkaitan dengan protokol kesehatan. Foto yang dilampirkan dalam twibbon pun juga wajib memakai masker. Tidak hanya untuk memperingati HUT Republik Indonesia, perayaan seperti ini juga sebagai bentuk kampanye agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Selain membuat twibbon, mahasiswa juga membuat sebuah kolase foto yang berisi kegiatan-kegiatan mahasiswa dalam merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia di Desa masing-masing. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa pun beragam, mulai dari kerja bakti, memasang umbul-umbul, menghias jalan dengan mengecatnya, memasang lampu-lampu hiasan di jalan-jalan, semua kegiatan ini tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Perayaan seperti ini dilakukan sebagai bentuk akibat dari adanya Corona Virus, dan virus ini memang membawa dampak yang cukup serius dalam kehidupan, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang terdampak oleh adanya pandemi ini. Namun kita tidak boleh mengeluh, pasti ada hikmah dibalik semua ini dan saya berharap agar masa-masa sulit seperti ini segera berakhir.” Kata seorang mahasiswa.

RIAN AJI KURNIA-STATISTIKA