Pandemi Covid-19 Terlanjur Kontak, Sabun Bertindak

Parang Sarpo (10/08/2020)-Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro periode 2020, melakukan sosialisasi dan pendampingan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)  kepada Warga Parang Sarpo V, Kelurahan Tlogosari Kulon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang tepatnya pada hari Selasa (28/7), kegiatan tersebut merupakan program kedua Kuliah Kerja Nyata dari mahasiswa Departement Biologi, Fakultas Sains dan Matematika, Christopher Hardian W.

Masa pandemi Covid-19 di Kota Semarang belum usai justru cenderung meningkat, menghindari kontak fisik adalah salah satu solusi yang dianjurkan pemerintah, namun di tempat publik sangat sulit untuk menghindari kontak baik dengan orang lain maupun dengan benda-benda di sekitar yang terkontaminasi. Tangan yang yang bersentuhan tadi apabila terkontaminasi Covid-19 dan menyentuh areal wajah khususnya organ pernapasan dapat menyebabkan virus reaktif, oleh karena itu dilakukan sosialisasi dan pendampingan tentang cuci tangan pakai sabun (CTPS) kepada warga, namun tidak hanya sampai disitu, himbauan untuk cuci tangan dengan sabun tentu sudah sering didengar, sehingga pada kesempatan ini warga diberi pengetahuan tentang bagaimana pengaruh sabun ini terhadap struktur virus, dengan begitu diharapkan warga sadar dan tidak hanya mau melakukan namun dilakukan deengan benar.

Kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan CTPS dengan Warga Parang Sarpo V

Bersama dengan sosialisasi CTPS warga juga diajak dan didampingi dalam pemilihan sabun. Selama pandemi ekonomi terus merosot bahkan diambang resesi, oleh karena itu warga perlu pengetahuan tentang sabun, hal ini untuk menghadapi tren yang ada selama pandemi yaitu membeli sabun cair dan sabun yang berlabel antiseptik. Sabun cari dan sabun antiseptik sendiri memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan sabun biasa, warga perlu tahu efektifitas sabun-sabun tersebut dalam menangani Covid-19 tidak hanya mengikuti tren yang ada, tahu esensi sehingga lebih ekonomis.

Author: Christopher Hardian Widyanta

Editor : Ns. Muhammad Rofii, S.Kp., M.Kep.