COVID-19 BELUM MUSNAH!! MAHASISWA KKN DESA KUWARON MERANCANG PETA KERENTANAN COVID-19

Grobogan (Kamis, 15 Januari 2021) – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro TIM I Periode 2020/2021 dilaksanakan pada 4 Januari- 16 Februari 2020. Sudah 2 periode, Universitas Diponegoro melaksanakan Kuliah Kerja Nyata secara mandiri dengan lokasi domisili mahasiswa masing-masing yang dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020. Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada kali ini mengangkat sebuah tema “Pemberdayaan Masyarakat (SDGs)”

Atas keputusan Universitas Diponegoro yang telah menerjunkan ribuan mahasiswa untuk KKN di domisili masing-masing, tak lupa juga mengurus mengenai perizinan melewati Badan Perencanaan dan Pengembangan Daerah (Bappeda) daerah masing-masing yang ditembuskan ke kantor kecamatan dan kantor desa atau kelurahan. Untuk itu, Desa Kuwaron menyambut dengan senang atas adanya KKN Universitas Diponegoro disini karena dinilai akan sangat bermanfaat bagi desa. Desa Kuwaron terletak di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah. Desa Kuwaron terdiri atas 9 RW dan 35 RT.

Dengan adanya KKN Pulang Kampung ini, mahasiswa Teknik Geodesi Unviversitas Diponegoro angkatan 2017 menyusung program dengan merancang peta kerentanan terhadap covid-19 dengan studi kasus RW 1 yang merupakan tempat tinggal mahasiswa. Program ini dirancang dengan menggunakan 4 aspek yaitu aspek sosial, aspek lingkungan, aspek fisik, dan aspek ekonomi dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Program ini diharapkan dapat bermanfaat bagi RW 1 Desa Kuwaron untuk dimanfaatkan dalam mengidentifikasi penularan covid-19 dan mengawasi setiap warganya untuk tetap berhati-hati dan waspada mengenai pandemi ini serta dapat digunakan untuk memantau rumah-rumah yang ada di RW 1 dengan kategori rawan terhadap covid-19.

Penulis: Layla Urmita Cahyaningrum