Mahasiswa KKN UNDIP Bersama Warga Depok Antusias Mengawali Suntik Vaksin Covid-19

Depok ( 21/1). Hari demi hari kita lewati dari awal tersebarnya pandemi Covid-19. Semua kegiatan manusia pun tidak lagi sama seperti sebelumnya, berbagai protocol kesehatan pun sudah di terapkan untuk mengurangi jumlah kasus baru dan agar kita bisa berkegiatan seperti biasanya. Satu dunia pun bertanya-tanya, kapan kita bisa berkegiatan normal, tanpa terganggu dengan resiko terinfeksi pandemi Covid-19?

Ditengah kekhawatiran kita, ilmuwan dari penjuru dunia pun akhirnya memberikan jawaban, yaitu dengan menciptakan vaksin untuk melawan Covid-19. Seluruh negara pun berlomba-lomba melakukan vaksinasi agar kegiatan masyarakatnya kembali normal dan mendongkran ekonomi masyarakat, dan tentu salah satunya adalah Indonesia. Tingginya angka yang terinfeksi dari hari ke hari di Indonesia, menjadikan dasar mengapa pemerintah Indonesia ingin melakukan vaksinasi ke warganya.

Indonesia sendiri di tahap awal ini menggunakan vaksin SINOVAC yang sudah siap disuntikkan untuk kelompok priortias yang sudah ditetapkan. Sayangnya, karena tidak meratanya informasi yang tersebar mengenai vaksin Covid-19, memunculkan pro dan kontra mengenai keamanan vaksin yang siap disuntikkan ke warga. Begitupun yang akan terjadi di lingkungan RT 03/ RW 09 Cisalak Pasar, Depok jika informasi mengenai keamanan vaksin Covid-19 tidak disebarluaskan.

Berdasarkan hal tersebut Rabu, 21 Januari 2021, Joshua Paul Mahasiswa KKN TIM I Periode 2021 Universitas Diponegoro Semarang, melakukan Program sosialiasi amanya suntik vaksin Covid-19 pun dilakukan untuk warga di lingkungan RT 03/ RW 09 Cisalak Pasar, Depok. Sosialisasi dilakukan dengan berbasis video dan poster yang di tempel di balai warga.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh Ketua RT 03/ RW 09 Cisalak Pasar, Depok. Harapannya, dengan sosialisasi ini, bisa mengubah pandangan warga di lingkungan RT 03/ RW 09 Cisalak Pasar, Depok menjadi antusias terahadap vaksin Covid-19 sehingga berbondong-bondong melakukan vaksinasi agar kegiatan bisa kembali normal. Perlu diingat, walaupun nanti sudah mendapatkan suntik vaksin Covid-19, kita tetap perlu menjalankan protocol 3M ( Mencuci Tangan, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak).

Untuk kalian yang belum suntik vaksin Covid-19, Ayo suntik vaksin Covid-19

Penulis : Joshua Paul
Departemen / Fakultas : Matematika / Fakultas Sains dan Matematika
Lokasi : Cisalak Pasar, Cimanggis, Depok, Jawa Barat
Pembimbing : Ir. Sulistyo, M.T., Ph.D