MAHASISWA KKN UNDIP KASIH TIPS MENJAGA POLA MAKAN DAN ASUPAN NUTRISI SELAMA PANDEMI COVID-19 LHO!

Jakarta (23/01/2021) Di awal tahun 2020 ini dunia dikagetkan dengan kejadian infeksi berat dengan penyebab yang belum dikatahui yang berawal dari laporan Negara China kepada World Health Organization (WHO) bahwa terdapat 44 pneumonia yang berat di salah satu wilayah yaitu Kota Wuhan. Pada akhir Januari 2020 akhirnya WHO menetapkan status Global Emergency pada kasus ini yang dikenal sebagai kasus virus corona. Lalu pada tanggal 11 Februari 2020 WHO menamakannya sebagai Covid-19.

Pandemi Covid 19 adalah krisis kesehatan yang pertama dan terutama di dunia. Banyak Negara yang memutuskan untuk memberhentikan beberapa kegiatan yang mengundang berkumpulnya banyak orang seperti sekolah, peguruan tinggi, perkantoran, acara pertemuan dan pernikahan.

Masalah yang dihadapi masyarakat terutama kalangan remaja hingga dewasa kini ialah mendapati penambahan berat badan yang disebabkan selama masa karantina mandiri seperti melakukan belajar, bekerja dan beribadah dari rumah, dampaknya adalah kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan oleh masyarakat dan mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Kurangnya aktivitas fisik akibat masa karantina yang membuat orang-orang harus berdiam di rumah masing-masing sehingga kegiatan monoton dan menimbulkan stress yang menyebabkan nafsu atau selera makan bertambah terutama makan-makanan yang memiliki kalori tinggi.

Melihat kondisi tersebut, tentang pentingnya menjaga asupan nutrisi dan menjaga pola makan selama Pandemi Covid-19 ini, Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro yang sedang melakukan kegiatan KKN pada tahun 2021, memiliki ide untuk melaksanakan program edukasi terkait asupan nutrisi dan pola makan serta memberikan saran menu diet selama Pandemi Covid-19 dengan menggunakan materi edukasi yang disampaikan secara online kepada masyarakat dan leaflet berisi saran menu diet selama Pandemi Covid-19.

Melakukan Edukasi Kepada Masyarakat Secara Online
Media Edukasi Berbentuk Leaflet Berisi Saran Menu Diet Selama Pandemi Covid-19

Penulis : Chika Sintya Iskandar / 25000117140129 – Fakultas Kesehatan Masyarakat

Dosen Pembimbing : Aghus Sofwan.,ST.,MT.,PhD