Kecamatan Ampelgading: Bangun “Rumah Kata” Guna Tingkatkan Pengetahuan Masyarakat Kampung

Karangtalok, Ampelgading- Pemalang, Pelaksanaan KKN tersisa ±6 hari, dan minggu (12/2) akhir dari kegiatan program multi. Program multi yang kedua adalah Pembuatan Perpustakaan yang diberi nama “Rumah Kata” untuk desa Karangtalok. Dalam mengembangkan pengetahuan Desa Karangtalok melalui perangkat desa dan Tim Kkn Undip mengambil peran untuk berkolaborasi mendirikan Rumah Baca sebagai sarana menunjang pendidikan dan pengetahuan masyarakat desa.

DSC_1027

Balai desa Karangtalok sebelumnya sudah memiliki buku-buku seperti buku Iptek, Sains, pengetahuan umum, pendidikan agama, pengetahuan anak. Namun, buku-buku tersebut dibiarkan menganggur begitu saja di ruang PKK. Setelah mengetahui kondisi tersebut Mulia (21) sebagai salah satu anggota tim KKN yang ditempatkan di desa Karangtalok berinisiatif untuk memperdayakan buku-buku tersebut dengan membuat sebuah perpustakaan desa. Melalui diskusi yang sudah dilaksankan bersama dengan rekan-rekan satu tim yang ditempatkan di desa Karangtalok menghasilkan kesepakatan pembuatan perpustakaan di desa Karangtalok. Melaui kerjasama antar konsentrasi bidang masing-masing, khususnya konsentrasi arsitektur yang membantu dalam penataan ruang dan pembuatan rak buku oleh Novitria Faradilla. Lalu, sehubungan dengan jumlah buku yang terbatas, tim KKN mengajukan sponshorship ke komunitas-komunitas yang dapat memberikan donasi berupa buku, dan akhirnya mendapatkan donasi berupa buku-buku satu kardus dari komunitas Lentera Nusantara. Dengan kolaborasi bersama Perangkat Desa, hingga akhirnya mendapatkan lokasi di Gazebo Balaidesa.

Setelah mendapatkan buku-buku, tim KKN melakukan penyortiran buku, lalu penataan buku-buku, penataan ruangan, design ruangan. Hingga semuanya sudah selesai dan akhirnya diadakan peresmian perpustakaan.

 

DSC_1265Peresmian perpustakaan dilaksanakan pada hari Minggu (12/02/2017) dengan berbagai kegiatan, seperti senam sehat, hiburan, serta pemberian doorprize kepada para peserta yang beruntung. Acara ditutup dengan sambutan Ibu Kepala Desa dengan dilanjutkan peresmian dengan melakukan pemotongan pita.,