Sadarkan Pentingnya Taat Peraturan Zonasi Ruang, Mahasiswa KKN UNDIP Edukasi Warga Tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Tembalang, Semarang (16/01) – Penataan ruang masih menjadi salah satu persoalan yang harus dialami Indonesia. Pada dasarnya persoalan penataan ruang berakar pada bagaimana pelaksanaan pembangunan dilakukan. Seringkali pelaksanaan pembangunan pada suatu kawasan tidak sejalan dengan rencana tata ruang yang telah disusun dan mengakibatkan adanya pertentangan dari kedua produk pembangunan tersebut.

Ketidaksesuaian yang terjadi antara dokumen rencana tata ruang dengan realita pelaksanaan pembangunan menjadi pemicu butuhnya pengendalian. Dituliskan pada Undang-Undang (UU) No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, bahwa pengendalian merupakan bentuk dan bagian dari proses penyelenggaraan penataan ruang yang berupaya untuk mewujudkan tata tertib ruang. Salah satu bentuk pengendalian adalah peraturan zonasi.

Masyarakat sebagai elemen utama pembangunan nasional harus paham dan peduli terhadap bentuk dari peraturan tata ruang, pengendalian penataan ruang, serta kontrubusi apa yang dapat dilakukan dalam mengimplementasikan aturan tata ruang. Atas dasar inilah perlu adanya program edukasi mengenai peraturan zonasi peruntukan tata ruang dan tata cara pembuatan IMB kepada masyarakat.

Sosialisasi Warga secara Door to Door
Dokumentasi bersama Warga

Sosialisasi dan edukasi pada Rabu (16/01) dilakukan melalui skema door to door untuk menghindari kerumunan massa di saat pandemi seperti ini. Selama pemaparan, masyarakat memberikan kesan aktif dan antusias terhadap materi yang disampaikan. Tidak jarang, masyarakat juga memberikan opini terhadap isu penataan ruang serta pemahaman akan IMB. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat sebenarnya mau untuk bekerja sama dengan pemerintah untuk mengikuti aturan dari penataan ruang selama dilibatkan dalam pembangunan. Kegiatan sosialisasi dan edukasi ditutup dengan pemberian media berupa poster ajakan masyarakat untuk membuat IMB kepada Ketua RT setempat. “Saya sangat berterima kasih dengan adanya sosialisasi dan edukasi yang diberikan oleh teman-teman mahasiswa. Saya berharap ini dapat menjadi celah untuk membuka wawasan masyarakat terutama hal-hal dari materi-materi yang disampaikan.” Tutur salah satu warga dalam pelaksanaan program edukasi.

Penyerahan Media Sosialisasi kepada Kepala RT

Melalui program ini, diharapkan masyarakat lebih paham akan rencana tata ruang dengan zona perencanaan yang kecil, yakni lingkup RT, ditambah dengan bertambahnya pengetahunan warga mengenai tata cara pembuatan IMB sebagai bentuk kontribusi pembangunan lingkup kota maupun nasional.

Reporter : Sakinah Shabrina Dhea (Fakultas Teknik/Perencanaan Wilayah dan Kota)

Editor : Abdi Sukmono, ST., MT.