Lindungi Masyarakat Pekerja Konstruksi Selama Pandemi, Mahasiswa Undip Edukasi Pentingnya K3 Dalam Bekerja

Tembalang, Semarang (19/01) – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) menjadi sebuah media bagi para civitas akademik khususnya mahasiswa Undip untuk bisa mengimplentasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat. KKN sendiri dalam pelaksanaanya akan dilakukan serangkain kegiatan berupa program kerja yang dibawa masing-masing mahasiswa Undip yang bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjuran (SDGs)”

Pekerjaan konstruksi merupakan pekerjaan dengan resiko kecelakaan kerja yang sangat tinggi. Di Indonesia sendiri berdasarkan data Depnakertrans, sektor konstruksi menempati urutan tertinggi dalam kecelakan kerja yakni sebesar 32%. Hal tersebut semakin diperparah dengan adanya kemungkinan ancaman para pekerja terinfeksi Covid 19. Penerapan PPKM se Jawa Bali rupanya tidak memberikan pengaruh yang besar bagi pelaksanaan pekerjaan konstruksi, pasalnya pekerjaan konstruksi tetap diperbolehkan berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan Instruksi Menteri Nomor 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19 dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

Mayoritas profesi masyarakat di RW 07, Kelurahan Rowosari, Tembalang, Jawa Tengah merupakan pekerja konstruksi, namun sangat disayangkan masyarakat belum begitu mawas diri terkait penerapan K3 konstruksi khususnya di masa pandemi seperti ini. Maka dari itu dilaksanalan sebuah program edukasi K3 konstruksi di masa pandemi kepada masyarakat RW 07 Rowosari yang berprofesi sebagai pekerja konstruksi. Edukasi dilaksanakan dengan cara mendatangi rumah-rumah warga. Materi yang disampaikan kepada masyarakat antara lain definisi keselamatan konstruksi, sebab akibat kecelakaan konstruksi, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dan penerapan protokol kesehatan di lingkungan kerja konstruksi. Penyampaian materi dibantu dengan media modul yang sebelumnya sudah disusun oleh mahasiswa.

Edukasi kepada masyarakat terkait K3 konstruksi di masa pandemi
Penyerahan modul K3 konstruksi

Program ini diharapkan dapat memberikan pemahaman betapa pentingnya penerapan K3 konstruksi di masa pandemi kepada masyarakat pekerja konstruksi sehingga para pekerja dapat mencegah ataupun meminimalisir bahaya dari resiko pekerjaanya. Tes gas

Penulis: Ridhwan Abdul Wahid / S1 Teknik Sipil / Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing: Abdi Sukmono, ST., MT.