EKONOMI SEMAKIN MERANA AKIBAT PANDEMI COVID 19, MAHASISWA UNDIP AJAK MASYARAKAT MENGELOLA KEUANGAN DENGAN BIJAK

Semarang (24/01/2021). Laju pertumbuhan kasus covid 19 semakin mengkhawatirkan saat ini. Akibatnya, banyak sektor mengalami kesulitan dimana salah satunya sektor ekonomi. Pandemi covid 19 yang masih menyerang negara-negara di dunia termasuk Indonesia menjadi pemicu kejatuhan ekonomi global ke jurang resesi. Penyebaran virus yang sangat cepat membuat banyak negara menerapkan kebijakan isolasi diri bahkan melakukan lockdown. Kebijakan ini membuat banyak aktivitas ekonomi terhenti dan menyebabkan kesulitan bagi masyarakat dari kalangan manapun.

Salah satu akibat dari pandemi covid 19 terasa nyata dampaknya bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yang sebagian besar bekerja disektor informal. Pada masa Covid 19, pekerja informal tidak hanya mengalami penurunan penghasilan, tetapi juga tidak memiliki penghasilan ditengah pandemi. Seperti yang terjadi di lingkungan RT 05/ RW 07 Kelurahan Rowosari dimana sebagian besar masyarakat berpenghasilan menengah kebawah dan bekerja di sektor informal. Namun, meskipun mengalami tekanan ekonomi akibat covid 19 masih banyak msyarakat tidak memahami pentingnya melakukan pengelolaan keuangan dan tidak melaksanakan pengelolaan keuangan ditengah pandemi Covid 19.

            Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan keuangan di tengah pandemi Covid 19 inilah yang mendorong pelaksanakan edukasi kepada masyarakat khususnya kelurahan Rowosari mengenai bagaimana tips dan pentingnya pengelolaan keuangan secara baik dan bijak di tengah pandemi saat ini.

            Program ini diawali dengan melakukan diskusi dan perizinan mengenai kegiatan dan program yang akan dilaksanakan kepada ketua RW 07 Rowosari dan ketua RT 05 Rowosari. Untuk pelaksanaan program sendiri, kegiatan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama melaksanakan edukasi pentingnya pengelolaan keuangan ditengah pandemi covid 19 yang bertempat di RT 05 Rowosari. Sedangkan sesi dua dilaksanakan dengan penempelan poster edukasi tips pengelolaan keuangan dimasa pandemi. Kegiatan edukasi dilaksanakan dengan mendatangi rumah warga satu per satu dengan menjelaskan pentingnya pengelolaan keuangan dan cara bijak mengelola keuangan ditengan pandemi Covid 19.

            Melalui program ini diharapkan masyarakat semakin sadar mengenai pentingnya melakukan pengelolaan keuangan di tengah masa pandemi agar perekonomian masyarakat tetap terjaga ditengah pandemi Covid 19 yang masih berlangsung.

Penulis : Rointan Silalahi

Editor  : Abdi Sukmono ST., MT