Pemberdayaan Masyarakat dengan Memberikan Edukasi kepada Warga tentang Bagaimana Memiliki Hunian yang Nyaman

Gumawang, Kabupaten Pekalongan (15/01/2021). Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung kurang lebih selama sepuluh bulan, membuat banyak masyarakat menghabiskan waktu dirumah, tak terkecuali generasi millennial. Pengalaman berbulan-bulan bekerja dan melakukan berbagai aktivitas dari rumah membuat masyarakat semakin menyadari betapa pentingnya memiliki hunian yang nyaman.

Kebutuhan hunian yang nyaman di masa pandemi ini yaitu ruang atau space yang dapat mengakomodasi seluruh kegiatan dirumah, seperti melakukan meeting online dengan nyaman tanpa terganggu suara lain, ruang belajar online tanpa tenganggu suara lain, dan sebagainya. Oleh karena itu, menurut Presiden Direktur PT. Aesler Grup International (Aesler), Jang Rony Yuwono, konsep hunian yang cocok di masa pandemic ini yaitu konsep future proofing home, yaitu konsep dimana dalam mendesain bangunan terutama hunian dengan mindset antisipasi terhadap kejadian tidak terduga dimasa depan. Desain itu harus meminimalisasi shock effect dan physical stresses yang terjadi akibat kejadian tidak terduga tersebut.

Desa Gumawang RT 06/ RW02, Kelurahan Gumawang, Kecamatan Wiradesa, membutuhkan bantuan untuk memiliki hunian yang dapat melakukan segala kegiatan dari rumah dengan nyaman. Maka, salah satu mahasiswi UNDIP, yang melaksanakan KKN secara online di Desa tersebut melaksanakan program KKN berupa Pemberdayaan Edukasi kepada Warga tentang Bagaimana Memiliki Hunian yang Nyaman.

Gambar 1. Sosialisasi kepada salah satu warga tentang Bagaimana Memiliki Hunian yang Baik
Gambar 2. Sosialisasi kepada salah satu warga tentang Bagaimana Memiliki Hunian yang Baik

Adanya sosialisasi mengenai wawasan tentang hunian yang nyaman, diharapkan warga dapat menlakukan kegiatan yang harus dilakukan dirumah dengan nyaman tanpa merasa bosan sehingga dapat mencegah penyebaran COVID-19 dan hunian juga dapat ditempati dalam waktu yang lama.

Penulis : Atania Nesa Sabanta (Fakultas Teknik, Arsitektur)

Dosen Pembimbing Lapangan : Farid Agushybana, SKM, DEA, Ph. D